Winning Eleven 9, Game Sepakbola Paling Ringan untuk PC


Readers, lupakan sejenak masalah Menpora vs PSSI. Coba aku tanya, siapa sih yang tidak menyukai sepakbola? Aku rasa semua orang pasti menyukai olahraga populer yang satu ini. Aku sangat yakin bahwa didalam perangkatmu, entah itu sebuah ponsel java, ponsel pintar berbasis Android, sebuah handheld, atau sebuah komputer, pasti terpasang sebuah game sepakbola. Sama sepertiku.

Namun, perkembangan zaman telah mengharuskan PC gamers untuk menggunakan komputer dengan spek sedewa Alienware. Misalnya FIFA 2015 keluaran EA Sports yang luar binasa realistisnya, tentunya game tersebut mengharuskan kita menggunakan komputer dengan spek yang cukup dewa. Tapi, beruntung bagi kita yang menggunakan komputer dengan spek pas-pasan karena masih ada sebuah game ringan berjudul Winning Eleven 9!

Update Penting: Inilah Alasan Kenapa Pecinta WE9 Harus 'Move On' ke PES6

WE9 BoxArt.
Winning Eleven 9 (Pro Evolution Soccer 5) adalah sebuah game sepakbola yang dirilis oleh Konami pada tahun 2006 silam untuk berbagai platform, termasuk PS2 dan PC. Bagi pengguna PC, game ini hanya menuntut PC dengan prosesor minimal berkecepatan 800 Mhz, RAM minimal 256 MB, vRAM minimal 128 MB. Yeah, cukup ringan kan? Aku rasa pemilik komputer spek dewa pun akan tergiur.

Gameplay

Main Menu.
Sama seperti game sepakbola lainnya. Game ini menyediakan beberapa mode seperti Exhibition untuk memainkan sebuah pertandingan persahabatan, League untuk memainkan pertandingan dengan format liga, Cup Matches untuk event besar seperti Copa Del Rey atau World Cup, Training untuk latihan bagi gamers pemula dan juga mode yang mirip dengan FIFA Online 3, yaitu Master League. (Baca: FIFA Online 3, Game Sepakbola Online yang Seru)

Yeah, bagiku Master League adalah mode yang paling menarik, karena kita bisa bermain seperti biasa sambil memanajeri klub kesayangan kita. Itu artinya, kita bisa menjual pemain kita atau membeli pemain pemain baru, kita juga bisa mengatur strategi hingga menjaga kondisi moral para pemain kita.

Selain itu, tersedia juga fitur Edit yang memungkinkan kamu untuk mengedit pemain, tim nasional, klub, stadion, dan desain sepatu. Kamu bisa membuat karaktermu sendiri digame ini melalui fitur tersebut, karena editor wajah dan tubuhnya cukup detail. Psst! Aku biasa menggunakan fitur Edit untuk memaksimalkan kemampuan (ability) para pemain dari klub kesayanganku agar bisa menang dengan mudah.

Eh, tapi jangan kamu fikir kemenangan pertandingan bisa diraih dengan semudah itu!

Walaupun game jadul ini memperbolehkan kamu memaksimalkan kemampuan para pemain lewat fitur Edit, jangan dikira CPU akan membiarkan kamu mencetak gol ke gawang mereka dengan mudah. CPU di Winning Eleven 9 cukup cerdik, mereka tidak akan membiarkanmu melakukan umpan silang (crossing) atau umpan terobosan (through pass) dengan mudah. Mereka juga tidak akan mudah tertipu dengan gocekan bola yang terlalu biasa.

Belum lagi, ada 6 tingkat kesulitan yang digambarkan dengan bintang:

  • Bintang 1 akan terasa seperti Indonesia melawan Timor Leste. Tidak sulit namun tetap saja tidak mudah menjebol gawang lawan.
  • Bintang 2 akan terasa seperti Indonesia melawan Malaysia. Cukup sulit tapi juga cukup berimbang.
  • Bintang 3 akan terasa seperti Indonesia melawan Thailand dan Jepang. Terasa sulit sekali, bola tidak pernah bertahan lama dikaki pemain kita.
  • Bintang 4, 5, dan 6 akan terasa seperti Indonesia melawan Brazil, Spanyol atau Jerman. Hanya tangan terlatih dengan joysticknya yang akan sanggup memainkannya! Nah, karena itu, CPU dalam game ini dijamin akan memuaskan kamu. Kamu pasti akan merasa seakan-akan sedang bermain melawan temanmu sendiri.
Button settings WE9.
Meskipun cukup seru, pengontrolan pada game ini tidak semudah saat memainkannya di konsol. Jujur saja, sulit sekali untuk mengontrol pemain menggunakan pengaturan ala Joystick PS2, sementara kita hanya menggunakan keyboard biasa. Nah, mungkin keberadaan joystick akan sangat dibutuhkan untuk memainkan game Winning Eleven 9 ini.

Grafis, Musik, dan Efek Suara

Soal grafis. Aku rasa game ini punya grafis yang lumayan bagus dan cukup jernih. Bahkan 28 lapangan yang tersedia didalam game ini pun terlihat cukup nyata. Hanya saja, aku menyayangkan animasi supporternya yang terlihat kotak-kotak. Haruskah pertandinganku selalu disaksikan oleh para makhluk minecraft?

Persib Bandung vs Manchester Utd.
Animasi dan pergerakan pemain disini lumayan halus dan luwes. Tak aneh memang, karena ada 4 gaya dribble, 9 gaya tendangan bebas (free kick), hingga 4 gaya drop kick yang diterapkan kepada masing masing animasi pemain. Ditambah lagi dengan adanya penerapan 73 gaya selebrasi gol dari berbagai pemain dunia yang membuat game ini jadi semakin tidak monoton.

Meski begitu, animasinya masih terlihat sedikit kasar. Terutama pada saat wasit memberikan peringatan, atau pada saat tayang ulang (replay) gol. Terkadang terlihat pemain bisa saling tembus, atau sambungan baju tidak tertutup sempurna sehingga terlihat kulitnya. Tapi secara keseluruhan, animasinya cukup oke deh.

Kemudian soal musik dan efek suara. Untuk musik aku tidak dapat berkomentar karena entah kenapa Winning Eleven 9 milikku tidak ada musiknya. Lalu, untuk efek suara. Aku rasa efek suaranya standar, seperti teriakan penonton, peluit wasit dan lain-lain, tapi cukup menyemangati juga. Apalagi netralitas suporternya nya dapat diatur, lebih condong kemana. Dan suara komentator pertandingannya juga cukup menambah hidupnya permainan ini.

Kesimpulan

Winning Eleven 9 adalah oase ditengah padang pasir bagi gamers pecinta sepakbola. Disaat developer sedang fokus menghadirkan permainan yang realistis hingga membuat player pemilik komputer dengan spek rendah gigit jari, game ringan ini menjadi penyelamat bagi player tersebut.

Meskipun jadul. Game sepakbola ringan ini tidak kalah bagusnya dengan game sepakbola untuk PC keluaran terbaru. Game ini tetap akan menghadirkan lawan tangguh yang selalu bisa membuatmu bekerja keras hingga berjingkrak-jingkrak karena merasa excited saat berhasil mencetak gol ke gawang lawan. Intinya, kamu tidak akan menyesal memiliki game ini di komputermu.

Likes:
  • Animasi cukup halus dan pergerakannya cukup luwes
  • Banyak pilihan stadion
  • Banyak pilihan bola
  • Lawan tangguh nan cerdik, sehingga membuat player merasa tertantang
  • Replay dapat disimpan sebagai video 
Dislikes:
  • Penonton yang terlihat seperti makhluk minecraft
  • Wasit yang cerewet, kesalahan kecil selalu membuatnya meniup peluit sesering mungkin

Dimana Kita Bisa Membelinya?


Kamu bisa membeli World Soccer: Wining Eleven 9 di game store kesayanganmu. Namun, karena game ini cukup jadul, ada baiknya kamu membelinya lewat toko online saja. Biasanya banyak yang menjual game ini disana. Kalau kamu berminat, kamu bisa memesannya di blog ini dengan harga Rp.20.000 saja (belum termasuk ongkos kirim via JNE). Pesan sekarang via SMS: 087873403097 (XL)

Bagi kamu yang memiliki kuota, kamu bisa mengunduhnya (download) pada link berikut ini. Selamat bermain.

Ukuran: 289 MB
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

13 komentar:

Monggo berkomentar dengan sopan..