Game Java Terbaik yang Pernah Aku Mainkan (Update 2015)


Halo readers, sudah lama aku ingin memperbaharui artikel yang sudah dibaca ribuan kali oleh java gamers ini. Sekarang mumpung lagi sempat menulis, aku akan memperbaharui daftar ini tapi dengan berat hati aku harus mengatakan bahwa update kali ini adalah update terakhir.
Langsung saja, berikut ini adalah game java terbaik yang pernah aku mainkan diponsel Nokia jadulku yang telah aku tambah dengan beberapa judul yang aku mainkan selama 3 tahun terakhir ini, monggo disimak..

Game Action/Adventure Java Terbaik


Ada banyak game yang bagus digenre yang paling mainstream ini, aku sendiri sebenarnya agak bingung untuk memilih yang mana-mana saja yang terbaik. Berikut adalah daftar berserta ulasannya..

- Prince of Persia: Classic - Seri game Prince of Persia java selalu menjadi pilihan utama para java gamers, tapi menurutku Prince of Persia yang berjudul Classic adalah yang terbaik, karena pada game ini Gameloft membuatnya dengan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya atau bahkan versi terbarunya.
- Die Hard 4.0 & Mission Impossible - Kedua game ini diangkat dari filmnya masing-masing. Kelebihan kedua game ini adalah gerakannya yang luwes pada saat beraksi, terutama saat mode pertarungan. Ada level seru yang mirip Gangstar dan Air Strike 1945. Sampai detik ini aku belum menemukan game java yang smooth seperti ini lagi.
- Assassin's Creed III - Game yang satu ini keren abis, terutama di gerakan membunuhnya. Pada versi ke-3nya kali ini Assassin's Creed berhasil membuat game simpel ini lebih bercerita. 1 hal lagi, coba baca nama pembuat versi javanya dicredits sampai habis. Game java ini adalah buatan Indonesia.
- Rainbow Six  3  - Game ini sudah diproduksi versi terbarunya oleh Gameloft, namun versi lamanya tetap yang terbaik, terutama dalam pembuatan skenarionya dan grafisnya.
- Splinter Cell: Chaos Theory - Pasti tahu dong game ini? Yap, Splinter Cell adalah game mata-mata keren. Bagiku game ini adalah Tenchu versi modern. Game ini pernah sudah dibuat versi barunya dan mengecewakan.

Untuk kamu yang menyukai game petualangan platformer ala Mario, bisa coba ini..
- Cow & Chicken: Supercow Adventure - Game ini diangkat dari serial kartun dari Cartoon Network. Tahu atau nggak tahu kartunnya, kamu bakal suka dengan gameplay sederhana game ini.

Untuk kamu yang menyukai genre action open world, coba nih..
- Seri Gangstar - Jauh sebelum Rockstar merilis GTA untuk ponsel, Gameloft sudah merilis 5 judul Gangstar untuk java dan 4 diantaranya bergenre open world. Gameplay game ini benar-benar terinspirasi dari seri GTA. Serunya dikejar-kejar polisi!
- Sid Meier's Pirates! - Waw, aku nggak nyangka game NES adventure ini diremake ulang oleh LemonQuest. Untuk kamu yang belum tahu, game ini sederhana. Kamu akan menjadi bajak laut, terserah mau ngapain. Kamu bisa rekrut anak buah, bajak kapal, bajak pulau, cari harta karun, menikah dengan putri gubernur dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan bajak laut.

Game open world lainnya..


Game Time Management Java Terbaik


Genre yang satu ini adalah salah satu yang aku sukai karena game seperti ini membuatku lebih merasa tertantang. Tapi kadang jengkel juga waktu hp lemot, keasyikannya jadi hilang karena lag. Berikut adalah daftar berserta ulasannya..

- Pizza Manager - Game ini agak mirip Dinner Dashnya spongebob dan sempat ditiru oleh Digital Chocolate dengan judul yang mirip dan mengadaptasi gameplay Dinner Dash. Apa yang membuat ini tetap yang terbaik? Game ini tidak hanya mengantar makanan ke pelanggan, tapi kamu juga harus memasak pizzanya dulu. Kamu juga mendapat peran tambahan, yaitu sebagai manager. Sebagai manager, kamu bisa mengupgrade restoran kamu.
- Sally's Spa - Setelah sukses pada versi PC. Sepertinya Sally kembali mendulang kesuksesan lewat versi java. Game ini sama seperti Pizza Manager tapi disini kamu akan mengurus sebuah salon dan mengembangkannya. Yeah, tapi pelanggannya agak sedikit rese.
- Stolen in 60 Second - Game ini sebenarnya tidak mendidik, apalagi pada saat musim begal begini, tapi yang membuatnya menarik adalah merancang strategi pencurian dalam 60 detik. Itu bukan hal yang mudah, apalagi dengan peralatannya yang rumit.

Game Musik Java Terbaik


Game musik bisa dikatakan sebagai game yang paling mendapat rating tinggi dalam kategori instant fun. Berikut adalah daftar dan ulasannya..

Beberapa game Guitar ini sama-sama terbaik dan memiliki kelebihannya masing-masing, silakan disimak..
- Guitar Hero 6: Warriors of Rock - Game ini memiliki grafis yang kaku jika dibandingkan versi yang sudah-sudah. Beruntung lagu-lagunya cukup bagus dan ditambah pengaturan volume juga.
- Guitar Rock Tour II - Ada banyak perbaikan di Guitar Rock Tour dalam versi ke-2nya kali ini, termasuk lagu yang diputar secara penuh, grafis lebih hidup, dan lagu yang cocok untuk telinga Asia. Sayangnya terkadang notesnya kurang sensitif.
- Rockband 2 Reloaded - EA java gamers protes karena game Rockband awalnya hanya tersedia untuk ponsel beresolusi 240x320 dan diatas itu. Akhirnya EA memproduksi Rockband Reloaded, versi Reloaded ini dapat diinstal di Hp seperti N70. Lagu dalam game ini adalah lagu Rocknya Blink 182, 30 Sec to Mars, dan banyak lagi.

Jangan lupa, ada juga game DJ keluaran Gameloft dan EA..
- The Sims DJ - Game ini memiliki grafis 3D yang agak berat untuk hp beresolusi 176x208 atau kurang dari itu.
- DJ Mix Tour - Grafis dan musik game ini ringan, jadi cocok untuk hp seperti N70 tapi terkadang notesnya kurang sensitif.

Game Bertarung Java Terbaik


Genre ini selalu jadi pilihan para java gamers yang ingin fun dengan cara lain. Berikut adalah daftar berserta ulasannya..

- Tekken 5 - Konami sukses mengalahkan berbagai game fighting di PS. Kini Konami mengeluarkan game fighting andalannya dalam versi java. Grafisnya keren, sayang agak ngelag di N70 dan E63.
- Medieval Combat: Age of Glory - Game keluaran Gameloft ini mirip Street Fighter, bisa jadi alternatif ponsel yang RAMnya minim. Grafisnya terlalu kartun tapi cukup keren dan recomended juga.

WWE series juga ada..
- WWE Legend of Wrestlemania - Game ini memang sudah dibuat versi barunya namun aku masih lebih suka dengan WWE Legend karena grafisnya lebih keren layaknya Playstation daripada versi barunya.
- WWE Smackdown vs RAW 2010 - Game ini selalu update pemain baru, tapi grafisnya tidak sebagus WWE Legend. Kontrolnya juga tidak pas diterapkan untuk game gulat seperti ini.

Untuk kamu yang menggemari tinju dunia..
- Fight Night Round 4 - Percayalah, game buatan EA ini tidak akan mengecewakan seperti game tinju lainnya, grafis game ini sangat matang dan ringan tentunya.
- K.O Fighter 3D - Game ini adalah saingan berat EA yang sama beratnya dengan loadingnya. Grafis dan gameplaynya saingan berat sama FNR4 tapi agak ngelag.

Game Pelihara Hewan Java Terbaik


Aku pernah punya kucing, sedih saat dia mati, sejak saat itu aku pelihara kucing cukup di Hp saja. Banyak game Pet, tapi mana yang terbaik? Simak daftar dan ulasannya..

Untuk kamu pecinta anjing dan kucing..
- Dogz 2 & Catz - Kedua game keluaran Gameloft ini sama bagusnya dan tidak jauh beda dengan Gameboy. Bedanya, di game ini kamu tidak begitu diatur, jadi kamu bebas memelihara peliharaanmu. Ngomong-ngomong, Dogz ada versi 3Dnya loh, judulnya Dogz 3D.
- The Sims Pet - Game keluaran EA ini lumayan bagus, tapi aku lebih suka Dogz atau Catz daripada game kaku ini.

Untuk kamu yang suka ikan..
- Fish Tycoon - Game ini cocok untuk yang mau pelihara ikan di Hp secara realtime dan ingin pelihara banyak spesies. Kelebihan game ini adalah, kamu bisa menciptakan spesies baru dengan mengawinkan ikanmu. Tapi jika hanya ingin sekedar iseng memelihara saja dan tidak realtime lihat..
- Insaniquarium Deluxe - Sama seperti Insaniquarium di PC, pelihara ikan disini agak gila, karena bertelurnya koin $ dan musuhnya Alien. Hihihi.

Untuk yang mau pelihara hewan lebih dari satu jenis dalam satu permainan..
- Wonder Zoo - Game ini adalah game yang cewek banget. Kamu bisa memelihara berbagai binatang dalam kebun binatangmu, termasuk memelihara dinosaurus yang nggak mungkin banget kamu pelihara di rumah.
- Dragon Mania - Game ini mirip sekali dengan Dragon City di Facebook. Dalam game ini ada puluhan naga yang bisa dipelihara dan jika naganya sudah besar, mereka bisa dipertarungkan. Asyik banget deh!
- Ice Age Village - Game ini saudara kembarnya Wonder Zoo. Bedanya adalah hewan yang akan kamu pelihara adalah hewan zaman es, termasuk hewan seperti yang kamu biasa saksikan di seri film Ice Age.
- Petz - Game ini mirip sekali dengan Dogz dan Catz, tapi disini kamu bisa memelihara berbagai macam hewan, termasuk hamster.

Untuk yang mau pelihara berbagai macam hewan apapun bahkan kudanil atau tikus..
- Goosy Pets - Game ini tidak jauh berbeda dengan tamagotchi biasa, untuk makan, agak ribet, kamu harus main minigames dulu untuk dapat item baru. Nantinya skor kamu bisa diunggah ke hall of fame international.


Game Farming/Berkebun Java Terbaik


Era game java semakin mantap pada 2010 - 2011, banyak yang mencari game Harvest Moon mobile tapi selalu kecewa karena memang tidak ada. Terjef melihat ini dan membuat game semacam itu tapi lebih sederhana. Tidak mau ketinggalan, Gameloft dan Glu juga ikut memproduksi.

- Farm Frenzy 2 - Game keluaran Glu ini juga mengecewakan karena ini adalah game merawat hewan ternak. Yeah, lumayan mirip kok dengan versi PCnya.
- Green Farm - Game keluaran Gameloft ini hampir menjawab total keinginan para java gamers, bedanya dengan Harvest Moon adalah tanaman tumbuh dengan real time dan lebih cepat. Kamu juga bisa mendesain kebunmu sendiri dan membuat avatarmu. Yeah, gameplaynya mengingatkanku pada Farmville.

Game Life Simulation Java Terbaik


Saat sedang booming The Sims pada PC gamers, java gamers ingin memainkan game seperti itu juga, tapi saat itu tidak ada versi javanya. EA sempat memproduksi The Sims untuk N-GAGE QD, keren loh. Melihat keadaan pasar game java sedang menginginkan Sims, Gameloft mengeluarkan berbagai game bergenre life simulation. Berikut adalah daftar game berserta ulasannya.

- Furby Island - Judul game yang satu ini bukan keluaran Gameloft, tapi cocok banget buat yang suka karakter hewan, bisa dibilang ini The Sims versi hewan. Suka banget sama musik dan grafisnya yang unyu.
- Miami Nights: Single in the City - Ini adalah game life simulation pertama keluaran Gameloft, keren ya? Dalam game ini kamu bisa mengatur rumah layaknya The Sims. Juga tidak lupa karakter digame ini diberikan berbagai pakaian dan gaya rambut menarik. Salut!
- Pop Superstar - Ingin merasakan enaknya menjadi peserta lomba menyanyi seperti Indonesian Idol, Rising Star Indonesia atau X-Factor? Mainkan game ini.
- The Sims 2: Castaway - Game ini mirip Survival Kids di Gameboy color tapi jauh lebih mudah dan minim teka-teki, bahkan kesan terdamparnya tidak terasa loh! Survival Kids memang teka-tekinya sudah langitan, Readers.

Bagi gamers pengguna Symbian atau Android, lebih baik memainkan seri game The Sims GBA untuk merasakan permainan yang lebih baik dan lebih kompleks.

Game Strategi Java Terbaik


Game strategi masih banyak diminati, namun pada hp java, game seperti ini masih jarang ditemui, kecuali untuk yang mempunyai hh canggih. Berikut adalah daftar berserta ulasannya.

- Age of Empires III: The Asian Dinasty - Game ini keren satu-satunya RTS pada platform java. Mirip Warcraft tapi tidak ada heroesnya. Kamulah yang berperan menjadi heroes itu. Bangun kerajaan dan buatlah kerajaan itu menjadi sangat kuat.
- Kingdoms & Lords - Gameloft merilis game strategi lagi dan kali ini jenius. Dalam game ini kamu akan disuguhkan game strategi offline tapi serasa game online! Ada turnamennya juga loh.
- Total Conquest - Gameloft memang sering sekali terinspirasi. Kali ini Gameloft merilis game yang mirip Clash of Clans android dan ini adalah satu-satunya di platform java. Tugasmu adalah membangun kerajaan dengan pertahanan sekuat-kuatnya. Waktu pembangunan dalam game ini realtime, recommended banget pokoknya bagi yang tidak punya banyak waktu bermain game!

Untuk kamu yang suka turn based strategy, wajib coba..
- Ancient Empires II - Game ini adalah game turn based java pertama yang aku kenal, game ini artnya simpel tapi keren! Meski simpel, game ini tidak semudah level 1 loh.
- Company of Heroes - Jika game Brothers in Arms terlalu mudah, kenapa tidak mencoba yang satu ini? Ini baru perang namanya! Salut untuk THQ Wireless.
- Pirates Ship Battle - Tau game Navy Battle dong? Kalah keren tuh sama game ini, game ini inovatif sekali, tak hanya perang ala Navy Battle, tapi juga bisa merebut pulau yang dicuri lawan, dan jual beli kapal.

Kalau lebih suka turn based strategy sambil membangun kota, ada yang bagus nih..
- Revival 2 - Game buatan HeroCraft ini bertujuan membangun sebuah klan di sebuah planet hingga menjadi sebuah bangsa yang besar. Awalnya kamu adalah klan barbar, tugasmu adalah menginvasi planet ini. Seiring berjalannya penelitian, kamu akan melampaui berbagai masa hingga ke masa dimana kamu bisa menciptakan Cyborg.
Sid Meier's Civilization V - HeroCraft tidak sendirian, karena Gameloft juga punya game dengan gameplay yang sangat bersaing dengan Revival. Keunggulan Civilization adalah grafis, tapi gameplay Revival sepertinya lebih punya kemungkinan dimainkan dalam jangka panjang. Jadi bingung pilih yang mana, sama kerennya sih.

Kalau kamu lebih suka bertahan dan membangun tower. Ini juga bagus..
- Civilization IV: Defender of The Gates - Aku agak heran dengan game ini. Pada versi PCnya, game ini adalah game membangun bangsa. Kenapa setelah masuk hp kok jadi game tower defense? Tapi okelah, cukup seru dan sederhana juga.
- Mega Tower Assault - Game ini futuristik sekali. Ada banyak jenis tower yang bisa kamu bangun dan semuanya memiliki fungsinya masing-masing.
- The Settlers - Game keluaran Gameloft ini cukup seru juga, terutama saat membangun persiapan senjata dan jebakan yang keren sebelum musuh datang. Nggak kalah sama versi PCnya.

Untuk kamu yang suka membangun kota. Sini-sini kumpul! Dominated by Gameloft..
- ANNO: Create A New world - Game keluaran Ubisoft (emaknya Gameloft) ini bersetting kerajaan, kamu adalah pangeran yang bertugas membangun sebuah pulau mati menjadi pulau yang hidup lagi. Much much better dari SimCity ataupun Megacity Empire.
- Little Big City - Game keluaran Gameloft ini adalah lanjutan dari My Little City, game ini lebih simpel dari Megacity Empire, tapi patut dicoba. Ada beberapa fitur yang nggak ada di Megacity seperti mengunjungi walikota lain, dan aksesoris kota yang seabreg, puas deh.
- Megacity Empire: New York - Dalam game ini kita bisa membangun kota dan merasakan gimana rasanya jadi walikota. Gameplaynya keren, SimCity banget dan agak monoton.
- SimCity Deluxe - Game ini adalah pelopor game membangun kota yang membuat semua ide game diatas tercipta. Tapi maaf, itu nggak berlaku untuk versi javanya meskipun grafisnya bagus. Coba deh yang sudah main versi javanya, sebutkan satu kali saja bahwa kalian tidak pernah terbelit hutang yang berlebihan dalam game ini.
- The Oregon Trail: American Settler - Kalau versi sebelumnya fokus pada migrasi, kali ini kita sudah bisa membangun desa. Game ini mirip West Ward keluaran Astraware pada hp symbian, dan gameplaynya beda tipis.

Kalau readers suka game membangun kota dan kerajaan terbaik. Kamu bisa lihat selengkapnya di artikel Game Membangun Kota dan Kerajaan Terbaik untuk Ponsel
.

Game RPG Java Terbaik


Akhirnya sampai juga di kategori yang paling ditunggu. Banyak sekali game RPG yang diproduksi untuk platform java, tapi kebanyakan game RPG java itu tidak berkualitas. Aku sudah pernah memainkan berbagai game RPG di hpku, berikut ini adalah game RPG yang punya kualitas berserta ulasannya.

- Blades and Magic 3D - Game keluaran Fishlabs ini patut dicoba juga. Walaupun terlalu simple, grafis 3Dnya amazing banget!
- Doom II RPG - EA sukses menyuguhkan game FPS jadul ini menjadi sebuah game RPG yang menantang. Grafis dan efek getar membuat atmosfir seramnya melawan alien benar-benar terasa, bahkan perasaan takut benar-benar muncul saat memainkan game ini.
- Heroes Lore & Heroes Lore Zero - Seri game buatan Korea ini selalu menjadi favorit para java gamers karena game keluaran Hands-On & EA ini benar benar sempurna untuk semua game RPG java sekelasnya. Hingga detik ini masih belum tergantikan oleh game RPG java apapun.
- Ninja Prophecy - Game ini adalah game RPG murni yang diproduksi oleh Gameloft. Gameplaynya menurutku 80% menjiplak Final Fantasy, tapi setidaknya grafis Ninja Prophecy jauh lebih baik. Diluar itu semua, game ini tetap asyik dimainkan.
- Saint Stone: Knights Legend - Game keluaran developer China ini keren sekali, walaupun tidak sekeren Heroes Lore. Sayangnya cerita game ini terlalu pendek dan mapnya terlalu sempit.
- Vampire's Dawn: Deceit of Heretics - Game ini adalah game untuk para pemikir (brainiac) karena questnya penuh kata kunci dan harus disimak baik-baik.

Game Papan Java Terbaik


Game papan adalah game yang mengasyikan, tapi susah juga ya kalau harus beli dulu, lalu memaksa teman untuk bermain dan pastinya melelahkan. Sekarang cukup main di hp dan kamu akan mendapatkan lawan tangguh atau kamu bisa multiplayer dengan temanmu (lewat mode pass and play). Berikut adalah daftar game beserta ulasannya.

Untuk kamu yang gila catur, banyak developer game java membuat game catur, tapi yang terbaik untukku adalah..
- Chessmaster - Gameloft biasanya membuat game yang bersifat adventure, tapi kali ini mereka membuat game Catur yang keren. Coba sendiri deh! Kamu bisa memilih lawan, mulai dari monyet hingga grandmaster!

Main Monopoly yuk..
- Monopoly Here and Now: World Edition - Pada Monopoly edisi dunia, kota-kota di papan mengambil nama ibukota negara-negara besar di dunia. Grafis jauh lebih baik dari pendahulunya dan kamu bisa bebas mengatur peraturan permainan.
- Monopoly U-Build - Monopoly yang satu ini sangat unik. Kamu akan bermain diatas papan yang berbentuk seperti sirkuit MotoGP. Dalam game ini ada aturan tambahan, yaitu kamu bisa membangun pabrik atau taman hijau untuk menambah/mengurangi sewa bangunan milik kita/orang lain.

Game Olahraga Java Terbaik


Genre ini termasuk favoritku juga, terutama sepakbola, tennis, dan bilyar. Banyak sekali developer yang memproduksi game olahraga, tapi berikut ini adalah daftar game olahraga yang terbaik berserta ulasannya..

Game sepakbola terbaik..
- FIFA 14 - Game ini sangat dicintai para java gamers karena menggunakan nama pemain asli dan grafis yang lumayan. Kalau aku suka game ini karena tidak menang dengan mudah, jadi tidak mudah bosan juga.
- Pro Evolution Soccer - Game ini memiliki kontrol dan grafis yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Penggemar game ini banyak sekali, bahkan hingga saat ini sudah tersebar ribuan modifikasi buatan penggemar yang keren-keren.
- Real Football 2015 - Bagiku, game ini adalah game sepakbola terbaik dengan fitur terlengkap. Grafisnya benar-benar dua kali lebih hidup dari FIFA. Sayangnya game ini membuat layar menjadi terang dan CPUnya curang, bola kok bisa tembus gawang? Dianggap goal kick pula.

Game Football Manager juga masih didominasi oleh EA dan Gameloft...
- FIFA Manager 10 - Football manager satu ini memang mendekati Football Manager di komputer. Kamu benar-benar akan merasa menjadi manager klub idolamu.
- Real Football Manager 2013 - Game keluaran Gameloft ini juga tidak kalah asik loh, mirip Football Manager di PC. Sayangnya aku masih bingung cara membeli pemain di game ini. Tapi recommended banget nih.

Game bilyar masih milik Gameloft..
- Midnight Pool 3 - Game ini cocok untuk penggila bilyar. Banyak varian permainan, trik, tantangan didalamnya. Juga tidak lupa disediakan berbagai perlengkapan menarik yang bisa dibeli di toko.

Untuk kamu yang suka main skateboard, game ini cocok abis buatmu..
- Skate.™ - Game keluaran EA ini sangat keren, tetap asik biarpun hanya side view. Triknya lumayan banyak untuk tombol hp yang terbatas. Salut!
- Tony Hawk Project 8 - Bisa dibilang ini adalah Dance-Dance Revolution versi skateboard. Grafisnya sederhana dan indah, semuanya ditampilkan dalam siluet. Salut! Berani beda!

Kalau kamu suka snowboard, juga ada gamenya kok..
- Amped Snowboarding 2 - Game snowboard ini mirip Tony Hawk Pro Skater saat tantangan Down Hill in the city. Ada cukup banyak move yang cukup seru dan indah.
- Massive Snowboarding - Game keluaran Gameloft ini memang saingan berat game Amped Snowboarding walaupun grafisnya tidak seindah Amped.
- Powerpuff Girls: Snowboarding - Ini dia game snowboard yang viewnya dari samping. Cocok untuk orang yang ingin snowboarding dengan simpel dan unyu. Sepertinya game ini lebih cocok untuk cewek.

Game memancing berikut sangat keren meskipun bukan berasal dari EA atau Gameloft..
- Fishing Legend - Game ini awalnya aku remehkan, tapi ternyata sangatlah keren. Dalam game ini ada berbagai spesies ikan, berbagai alat, dan berbagai umpan, bahkan berbagai kapal dan tempat. Kerennya, cuaca dan waktu mempengaruhi jenis ikan yang didapat.
- Sim Fishing - Game memancing ini lumayan juga untuk alternatif, tapi aku sebenarnya agak merasa bosan juga karena terlalu mudah mendapat ikan.

Game Balapan Java Terbaik


Siapa sih yang nggak suka game balap mobil yang satu ini? Semua karena film The Fast and The Furius. Dulu heboh game Need for Speed di PS, hampir setiap hari banyak orang main itu. Sekarang semua bisa memainkannya di ponsel..

Gameloft dan EA bersaing ketat..
- Asphalt 6: Adrenaline - Game ini sangatlah keren, terutama karena fitur modifikasinya yang luar biasa. Ada lebih dari 25 mobil yang tersedia di garasi dari berbagai merk ternama dunia balap liar.
- Need for Speed™ Hot Pursuit (Bonus Edition) - EA kembali meluncurkan game 3D javanya, dulu Most Wanted, Pro Street dan kini Hot Pursuit. Keren!
- Cannonball 8000 - Game ini adalah game yang diperuntukkan orang sabar dan tidak emosional. Game ini sebenarnya lucu tapi super duper sulit mengontrol mobilnya.
- Nitro Street Racing 3D – Gameplay game ini benar-benar mirip dengan NFS Underground 2 di PC (khusus 240x320 keatas). Hebatnya game ini juga muncul dalam 3D, namun kekurangannya terletak pada fitur modifikasinya yang bisa dibilang sangat minim. Jumlah mobilnya juga sedikit sekali.

Untuk kamu yang ingin main game ala Mario Kart atau CTR, coba nih..
- Sonic and Sega All Star Racing - Game balapan gokart ini memungkinkan kita untuk memilih karakter yang kita suka. Termasuk para musuh Sonic.

Tapi kalau inginnya cuma berlari, coba ini..
- Danger Dash - Game endless run pertama di platform java. Kamu akan bermain sebagai petualang yang terus dikejar oleh para harimau liar. Tugasmu adalah menyelamatkan diri dari mereka.
- Spider-Man Ultimate Power - Game endless run yang unik. Kamu berperan sebagai Spidey yang harus terus berlari/berayun sambil menghabisi para penjahat. Nantinya kamu bisa upgrade kekuatan dan ganti kostum dengan membelinya di toko.
- Subway Surfers: Rome - Game yang mirip dengan Danger Dash tapi tanpa fitur tambahan sama sekali. Sayang banget ya?

Game Puzzle Java Terbaik


Genre puzzle juga adalah genre yang cukup mainstream karena banyak sekali pabrikan ponsel yang menjadikan game bergenre puzzle sebagai game bawaannya..

Untuk kamu yang suka Match-3..
- Bejeweled 3 - Game ini cocoknya memang untuk anak perempuan, tapi tetap seru untuk jadi mainan anak laki-laki. Aku suka Mining di game ini.
- Chuzzle - Game puzzle yang kiyut-kiyut yang populer di PC dengan judul Chuzzle Deluxe ini benar-benar akan menguras habis otakmu. Terdapat 3 game mode, serta 22 trophy siap menantimu.
- Diamond Twister 2 - Mirip Bejeweled, tapi mana yang lebih bagus? Aku pernah bahas dalam artikel Bejeweled 3 vs Diamond Twister.
- Puzzle Pets: Poppin Fun - Gameloft mencoba membuat sesuatu yang imut-imut lagi. Berhasil sih, tapi membosankan bagiku. Game ini lebih cocok dimainkan oleh cewek dan kecil kemungkinan untuk disukai cowok.

Tapi kalau kamu inginnya main Match-3 sambil bertarung, beberapa game ini wajib hukumnya..
- Looney Tunes: Monster Match - Game ini inovatif sekali. Berbeda dengan game fighting lain, game ini fighting dengan puzzle. Kamu harus berhasil poppin dinamit atau kimia beracun untuk mengurangi HP lawan.
- Puzzle Quest 2 - Inilah zaman edan ketika RPG digabungkan dengan puzzle. Lisensi game ini sudah dibeli EA dari THQ Wireless, tapi aku lebih suka grafis buatan THQ Wireless.
- Super Puzzle Fighter IIX - Suka Street Fighter dan game berjenis match 3? Kamu harus coba game keluaran Capcom ini! Para fighter ditampilkan dalam bentuk chibi.

Ingin yang memeras otak? Coba nih..
- Platinum Mahjong - Game ini memang tidak akan sekompleks game Mahjong Quest di PC, tapi cukup bisa membuatmu botak.
- Platinum Sudoku 2 - Game ini saingan berat Astraware Sudoku pada Symbian, tapi lebih ringan. Game ini berjasa besar mengajarkanku caranya bermain Sudoku. Terimakasih Gameloft!

Suka seri game Collapse seperti Spongebob Collapse di PC? Coba ini..
- Collapse! Holiday Edition - Game buatan Gamehouse dan Real Arcade ini asyik sekali. Terutama bagi cewek-cewek penggila game popping. Ada banyak varian yang bisa dimainkan.
- UNO FreeFall - Game ini menggabungkan cara bermain UNO dengan Collapse. Jadi kamu bisa popping jika warnanya sama atau jika angkanya sama. Salut! Kreatif sekali!

Suka seri game Zuma? Coba ini..
- Abracadaball - Game buatan Gameloft ini terinspirasi Zuma dan Luxor. Secara keseluruhan, gameplaynya mirip tapi grafisnya lebih berwarna dan ceria.
- Luxor 2 - Game yang juga terinspirasi dari Zuma ini permainannya sangat mirip dengan Zuma. Bedanya adalah cannon game ini bergeser, bukan berputar seperti katak Zuma. Kebudayaan yang diangkat pun budaya mesir kuno, bukan kebudayaan inca.
- Zuma's Revenge! - Game keluaran EA ini adalah hasil port dari game PC yang cukup menguras otak juga dengan judul yang sama, Zuma Revenge.

Suka game seperti Frozen Bubble? Coba ini..
- Bubble Bash Mania - Game keluaran Gameloft ini grafisnya sempurna dan unyu banget. Sama seperti Frozen Bubble di Symbian, kamu harus menembakkan sebuah gelembung warna ke kumpulan gelembung dengan warna yang sama. Levelnya singkat tapi seabreg banyaknya.

Game Kartu Java Terbaik


Game kartu yang aku suka adalah UNO, Solitaire dan Black Jack, berikut ini bla.. Haduh, pegel ngetik kata yang sama nih.. Baca deh..

- Platinum Solitaire 3 - Suka solitaire dan bosan karena permainannya yang itu-itu aja? Siapa bilang? Game ini menyuguhkan 20 varian permainan solitaire yang disebar ke berbagai kota besar dalam mode world tour. Aku baru berhasil unlock 5 variannya.
- UNO™ and Friends (recomended) - Bermain UNO jadi semakin seru karena kini Gameloft kembali meluncurkan game UNO dengan grafis yang bagus dengan lebih banyak varian permainan didalamnya. Grafisnya juga bagus banget. Wajib dicoba!
- Texas Hold'em Poker 3 - Siapapun yang suka poker harus main nih. Grafisnya  halus banget. Berbeda dari game Poker yang lainnya, dalam game ini kamu bisa membuat avatar. Ada profile berserta levelnya juga loh.

Game Retro/Nostalgia/Jadul Java Terbaik


Readers ingat gak, waktu kecil ada banyak game klasik yang sering kita mainkan? Ada Tamagotchi, Gamebot. Kalau yang mampu pasti beli game Nintendo Entertainment System dan Sega. Beberapa game klasik itu kini dirilis di platform java. Berikut adalah daftar berserta ulasannya..

Untuk kamu retro gamers penggemar Gamebot dan Tamagotchi..
- Retro Games 3: 15 in 1 - Game ini benar-benar memuaskan para retro gamers. Gameplay dan tampilan game ini benar-benar mirip dengan gamebot aslinya, didalamnya ada game tetris, snake, racing, brick breaker, tank dan banyak lainnya, mirip kan?
- Tetris Revolution - EA benar-benar menunjukan kehebatannya, mereka bisa membuat tetris menjadi pelajaran dan tantangan besar dalam game ini. Game ini dibuat dalam rangka Tetris Aniversarry.
- Galaxy on Fire 3D - Ingat game menembak asteroid yang biasa ada dalam menu huruf G atau H? Game buatan Fishlabs ini sangat mirip dengan itu, bedanya grafis game ini sudah 3D dan sangat memukau.
- Tamagotchi Monster - Seperti Tamagotchi L.i.f.e di Android, game ini juga mirip dengan Tamagotchi aslinya. Kamu bisa memilih warna tamagotchi yang kamu suka. Ada 3 tombol di layar, ada perintah yang persis dengan aslinya, dan benar-benar menggunakan real time! Awas, lupa kasih makan, mati loh.

Untuk kamu retro gamers penggemar Nintendo Entertainment System (Famicom)..
- Bubble Bobble Evolution - Bubble Bobble adalah game yang lucu. Kamu menjadi seekor kadal yang harus mematikan lawan dengan gelembung.
- Gauntlet - Game ini dirilis dengan judul yang sama oleh EA mobile. Kamu akan kembali merasakan serunya berpetualan dalam dungeon melawan monster dan zombie jahat.
- Paperboy: Wheels on Fire - Game ini cukup seru dan lucu. Kamu harus mengantar koran dengan sepeda. Saat kamu melempar jangan sampai salah. Hati-hati ada banyak rintangan seperti anak-anak yang bermain dijalanan, anjing yang berlari atau bahkan mobil ugal-ugalan.
- Captain Galactic: Super Space Hero - Game ini terinspirasi oleh Galaga. Permainannya diubah menjadi lebih fresh layaknya game AlienSky di PC, tapi kamu tidak menyerang lawan. Tugasmu disini hanyalah mempertahankan Bumi dari serangan invasi para alien.

Kalau kamu penggemar Sega..
- Earthworm Jim - Kamu akan berpetualang menjadi seekor cacing kekar. Tugasmu hanyalah membasmi para penjahat agar tidak berbuat onar.
- Sonic Advance™ - Game Sonic ini adalah hasil port dari versi Gameboy Advance yang juga hasil port dari SEGA. Alur ceritanya tidak diubah sedikitpun. Recommended nih!
- Sonic Unleashed - Game Sonic Unleashed ini adalah game keluaran Gameloft, mereka berhasil membuat sonic menjadi lebih wow lagi untuk game java. Sonic bisa berubah di game ini.

Hehe, daftarnya kepanjangan ya. Niatnya tadi mau dirampingkan eh kebablasan. Maaf, aku cuma bermaksud memberikan resensi untuk semua genre. Setiap orang pasti punya genre kesukaannya masing-masing. Perlu diingat ya, game java untuk setiap Hp gameplaynya akan berbeda, jadi maaf jika ulasannya tidak tepat. Game diatas sudah pernah aku mainkan di Nokia 2610, 3230, 6120 Classic, 6630, dan E63.

Tips memilih Hp yang cocok untuk bermain game java:
  • Pastikan OSnya Symbian (khusus Nokia)
  • Pastikan layarnya 128x160, 176x208, 240x320, atau 320x240
  • Hp tidak boleh touch screen, kecuali Nokia Symbian S60v5
  • Pastikan performance Hp tidak lambat

Game-game diatas bisa diunduh dengan klik judul, tapi beberapa judul masih belum aku pasangkan pranalanya (link). Jika ingin mengunduh, kamu bisa mengunduh di situs game java terpercaya yang aku rekomendasikan:
  • wap.waptrick.com
  • www.rugame.mobi
  • www.sefan.ru
Peringatan: Buat java gamers yang udah kaya, malu dong kalau nggak download yang original. Game original harganya cuma goceng bro. <=D
Untuk readers java gamers, terimakasih banyak atas kepercayaannya kepada situs blogku. Aku nggak pernah menyangka bahwa artikel ini bisa menjadi favorit pembaca selama 3 tahun terakhir ini. Sekali lagi terimakasih banyak! Sampai jumpa di artikel game android terbaik suatu saat nanti! Selamat bermain!
Bryan Suryanto Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

1 komentar:

Monggo berkomentar dengan sopan..