Game Puzzle Match-3 Terbaik untuk Java

Hi readers. Sekitar seminggu yang lalu aku baru saja memperbaharui daftar game java terbaik yang pernah aku mainkan. Bagian game puzzle, bagiku menarik untuk dibahas lebih dalam. Nah, sebelum aku bahas game puzzle lainnya, kita mulai membahas game match-3 terbaik dulu ya. Monggo disimak..

5. Arcadius Puzzle Adventure 2

Arcadius Puzzle Adventure 2 via java.mob.org

Game yang pertama ini adalah game klasik yang dikembangkan oleh Connect2Media dan dipublikasikan oleh 365 Games. Dalam game ini kamu akan dimintai pertolongan oleh makhluk kotak warna-warni lucu yang bernama Arcadius untuk mengumpulkan dekorasi. Dekorasi itu akan dipakai untuk mendekorasi pesta para Arcadian. Akan tetapi, mengumpulkan benda-benda itu tidak akan mudah karena ada batas waktu yang singkat dan keberuntunganmu akan menjadi penentu yang cukup berperan besar disini.

Soal grafis. Game ini memiliki grafis yang sederhana sekali. Saat popping, arcadian jatuh dengan wolesnya. Aku bisa menebak bahwa developernya ingin mencoba membuat sebuah karakter game yang unyu tapi bagiku mereka lebih tepat disebut sebagai karakter game dengan wajah yang melas dan menyedihkan.

Unduh/download Arcadius Puzzle Adventure 2 untuk Java
Ads/Iklan
Unduh/download Arcadius Puzzle Adventure 2 untuk Android


4. Jewel Bubble 3

Jewel Bubble 3 via rugame.mobi

Selanjutnya. Jewel Bubble 3 adalah game match-3 yang seleraku banget. Game ini dikembangkan dan dipublikasikan oleh Inlogic Software. Game ini bisa disebut sebagai match-3 murni, karena tidak banyak mode dan tidak banyak power-up didalamnya. Tugasmu sederhana saja, teruslah "crashing" perhiasan-perhiasan dipapan itu sambil menghancurkan petak-petak kelabu dibelakangnya. Positifnya, game ini tidak pelit waktu, tapi sayangnya pelit sekali movenya. Move kamu akan selalu dibatasi, kadang hanya diberi 20 move, atau bahkan hanya diberi 10 move! Sungguh terlalu pelitnya! Tetapi disitulah kadang saya merasa sedih eh.. maksudnya disitulah letak keseruannya. Semakin terbatasnya jumlah move, membuat game ini semakin menantang.

Soal grafis. Grafis game ini sederhana, hanya sebuah latar belakang putih yang elegan dan perhiasan-perhasan warna-warni yang berkilau. Lalu apa yang bikin game ini 'aku banget' sih? Yeah, efek crash-crashnya lebih gila dari Diamond Twister! Kalau ponselku mendukung 3D, sudah pasti efek crash-crashnya akan semakin insane!

3. Bejeweled 3

Bejeweled 3 via mobers.org

Ketiga. Seri game yang dikembangkan oleh EA Mobile dan PopCap ini adalah mbahnya game-game perhiasan. Pada versi PCnya, game ini memiliki mode yang seabreg banyaknya. Namun karena yang kita bahas adalah versi javanya, ya siap-siap agak kecewa karena pada versi javanya hanya ada 4 mode yaitu Classic, Lightning, Mine, dan Butterfly.
Mode Classic adalah mode biasa, mode lightning adalah mode time attack, mode mine adalah mode menambah dengan crashing perhiasan, dan mode butterfly adalah mode dimana kamu harus menjaga kupu-kupu dari terkaman laba-laba dengan terus crashing perhiasan yang ada dibawahnya.

Soal grafis. Grafis pada game java buatan EA Mobile sudah pasti tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Grafisnya pas, tidak lebih dan tidak kurang.

2. Diamond Twister 2


Diamond Twister 2 via java.mob.org

Game yang pernah aku banding-bandingkan dengan Bejeweled 3 ini adalah game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Gameloft. Game ini adalah game match-3 java dengan mode permainan yang cukup lengkap dan memeras otak. Game ini menyuguhkan mode berjenis slide, twist, solving dan eleminate yang seru. Semuanya dibalut dengan latar belakang Holywood dan plot cerita sederhana. Banyaknya power up 'gila' di game ini juga akan semakin menambah asyik permainannya.

Soal grafis, menurutku terlalu kartun dan terkadang dipaksakan untuk nyambung dengan backgroundnya, padahal tidak nyambung sama sekali. Tapi setidaknya efek petirnya yang gila-gilaan cukup menarik.


1. Chuzzle

Chuzzle via java.mob.org

Yeah, inilah game match-3 java yang aku nobatkan sebagai yang terbaik!

Game unyu yang dikembangkan oleh PopCap games ini sempurna sekali. Dalam game ini kamu akan bertemu dengan ChuzzBall yang imut-imut nan menggemaskan. Mereka akan bermain bersamamu dalam beberapa mode yaitu Classic, Zen Chuzzle, dan Mind Bender.

  • Mode Classic adalah mode popping biasa seperti mode classic pada game match-3 lainnya. Tapi mode ini sangat menantang dengan hadirnya serangan borgol yang akan ngelock salah satu chuzzle yang menyebabkan slidenya tidak berjalan lancar dan bisa-bisa mematikan langkahmu.
  • Lalu, Mode Zen Chuzzle adalah mode popping tanpa batas, tanpa tujuan, tanpa lock, tanpa gangguan, tanpa akhir, pokoknya popping tanpa berfikir pun juga bisa. Bahkan aku bisa popping sambil memejamkan mata. Pas banget deh untuk dimainkan sambil bersantai-santai, refreshing sehabis kerja.  
  • Terakhir, mode Mind Bender. Mode ini ditujukan untuk para brainiac. Pada mode ini, otakmu akan diperas habis-habisan oleh para ChuzzBall untuk menyelesaikan slide puzzle, mulai dari level yang terlalu mudah hingga ke level yang cukup gila untuk memecah kepalamu.


Soal grafis, bagiku game ini biasa saja tapi setidaknya lebih unyu dari Arcadius yang melas. Walaupun Chuzzle juga melas loh, yeah saat exit game mereka memelas agar kita tidak menutup gamenya. Yeah, PopCap ada-ada aja nih..



Nah, bagaimana. Apakah game puzzle match-3 terbaik untuk java dalam rekomendasi ini cukup bagus bagimu? Selamat bermain ya, readers!

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Share yuk

    Related Posts

    Previous
    Next Post »