Cara Mengatasi Laptop yang Hang Setelah Hibernate atau Sleep


Ilustrasi: Pexels
Readers, apakah laptop kamu hang (macet) pada layar hitam saat kamu nyalakan lagi setelah hibernate atau sleep mode? Nah, kita senasib. Bagaimana caranya agar bisa normal lagi? Bagaimana caranya supaya bisa booting seperti biasa?

Sebenarnya, masalah hibernate dan sleep (biasa disebut juga dengan hibernasi abadi) adalah salah satu bug pada Windows 7 yang masih belum dapat diperbaiki oleh Microsoft hingga saat ini. Meskipun katanya pada Windows 8 bug ini sudah mereka perbaiki, kenyataannya tetap saja masih banyak yang mengalami bug sableng ini.

Jika laptop kamu terkena masalah "hibernasi abadi" ini, kamu harus segera:
  1. Cabut charger dan juga cabut baterai laptopmu.
  2. Tekan tombol power selama kurang lebih 30 detik. Jangan bingung kalau layarnya tidak menyala, wong baterainya tidak dipasang.
  3. Lalu, hidupkan lagi dengan adaptor (tanpa baterai loh ya).
Jika laptopmu berhasil menyala tanpa masalah, cepat matikan laptopmu dan pasang lagi baterai, lalu coba nyalakan dan tunggu. Namun, bila saat dinyalakan muncul pesan error, itu artinya harus repair dengan CD atau bahkan install ulang.

Jika pada saat dinyalakan dalam keadaan baterai terpasang layarmu kembali hitam, dan kamu terkena blue screen. Yeah, maaf sekali sepertinya bateraimu bermasalah dan harus segera diganti dengan yang baru. Namun akan lebih baik jika kamu membawanya ke tukang servis agar bisa diketahui masalah yang lebih jelas.

Bagaimana cara mencegah agar laptopmu tidak terkena kesablengan hibernasi abadi? Seperti yang sudah kukatakan tadi bahwa hibernasi abadi ini adalah bug Windows. Supaya tidak terjadi masalah hibernasi abadi seperti ini lagi, sebaiknya kamu segera mematikan fungsi hibernasi atau sleep, dan jangan pernah lagi menggunakan kedua fitur itu.
Semoga bermanfaat.






Referensi:
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..