Final Fantasy II dan Final Fantasy IV


Readers, bagi kamu yang mencintai game RPG mungkin sudah tidak asing dengan salah satu judul Final Fantasy berikut ini. Akhir-akhir ini aku sedang suka memainkannya hingga akhirnya berhenti karena ingin menyelesaikan Chrono Trigger yang sudah lama aku tinggalkan. Seperti apa sih serunya game Final Fantasy IV? Berikut ini ulasannya. Monggo disimak..

Final Fantasy IV Advance adalah sebuah game hasil remake dari game Final Fantasy II. Game FFIV dirilis untuk platform Gameboy Advance (GBA) pada tahun 2004 yang lalu, sedangkan FFII dirilis untk Super Nintendo (SNES) pada tahun 1990. Yeah, aku belum lahir. Square Enix memang suka sekali mendaur ulang game mendaur ulang game-game jadul menjadi game baru yang masih fresh. Bahkan game Final Fantasy II ini sudah diremake juga untuk platform PS, PSP, iOS, Android dan Java.

Cerita

Versi asli maupun versi remake sama-sama menyuguhkan cerita yang sama. Game ini bercerita tentang Cecil, seorang kapten dari Red Wings. Ia berserta Red Wings ditugaskan oleh sang Raja untuk merampas kristal dari Mysidia. Setelah berhasil merampas kristal tersebut dan mengantarkannya kepada sang Raja, hatinya mulai merasa bahwa merampas kristal dari orang-orang tidak bersalah itu adalah kesalahan besar. Dihadapan sang Raja ia mempertanyakan tugas keji yang dibebankan kepadanya. Namun hal itu telah membuat sang Raja murka, segera sang Raja menghukum Cecil dengan memerintahkannya mengirimkan sebuah cincin ke sebuah kota para summoner yang bernama Village of Mist.

Berangkatlah Cecil bersama dengan sahabatnya, Kain dari Dragoons. Saat sedang melewati sebuah goa, ada seekor naga yang menghadang mereka. Tanpa membuang waktu, mereka berdua membinasakannya. Namun ternyata yang mereka bunuh adalah salah satu summoner. Saat Cecil dan Kain tiba di Village of Mist, tiba-tiba saja dari dalam cincin yang ia bawa muncullah api yang membumi hanguskan kota tersebut. Rydia, seorang anak kecil yang menjadi satu-satunya orang yang selamat dari api itu menagisi kepergian ibunya. Cecil dan Kain tidak mengetahui summoner yang ia bunuh tadi adalah ibu kandung Rydia. Rydia yang murka segera men-summon seekor monster besar yang menyebabkan gempa Bumi yang dahsyat hingga membuat Cecil dan Kain terpisah. Sampai beberapa jam kemudian Cecil yang pingsan telah sadar dan dihadapannya ada Rydia yang juga sedang pingsan. Sejak saat itu Cecil menyesali dosa-dosa masa lalunya. Ia bertekad untuk merawat Rydia dan melawan kekejian Kerajaan Baron.

Gameplay

Gameplay pada game ini masih sama dengan Final Fantasy yang telah dirilis sebelumnya. Kamu akan dibebaskan menjelajah dunia terbuka dan tentunya petualanganmu tidak akan semulus itu karena ada cukup banyak monster acak yang akan mengganggumu. Sistim pertarungan dalam game ini pun masih sama, hanya saja disini kamu akan menggunakan Active Time Battle. Sistim ATB ini akan memaksamu berfikir cepat karena sistim ini memungkinkan musuh menyerang, meskipun kamu masih sibuk memilih sihir atau berfikir.
Akan tetapi game ini memiliki tingkat kesulitan yang agak lebih ringan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Karena disini kamu akan bermain sebagai Cecil, seorang Dark Elf yang sedari awal permainan sudah sakti dan kuat. Apalagi, kamu juga akan dibantu oleh karakter-karakter hebat dari berbagai job yang datang silih berganti mengikuti alur cerita. Wah, semakin ringan saja tingkat kesulitannya.

Soal grafis. Game ini memiliki grafis yang berbeda-beda pada setiap platformnya. Grafis yang paling sederhana dapat kamu lihat pada versi SNES, GBA dan Javanya. Sedangkan grafis yang terbaik dapat kamu lihat pada versi Android, iOS, PSP dan Playstationnya. Berikut ini beberapa tangkapan layar (screenshot) yang aku miliki..

Final Fantasy II pada Android
Final Fantasy IV pada GBA
Final Fantasy IV pada PSP
Begitu pun dengan musik dan efek suaranya yang pasti juga berbeda-beda pada setiap platformnya. Untuk ukuran Final Fantasy 2 dimensi, bagiku musik dan efek suara hampir tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan Final Fantasy VI (game 2 dimensi terakhir dari seri FF).

Pranala Unduhan

Bagi readers yang sudah sangat penasaran ingin memainkan game ini. Kamu bisa mengunduhnya lewat link berikut ini. Akan tetapi tidak semua platform dapat aku sediakan karena masalah legalitas..

Ads/Iklan
Unduh/download Final Fantasy II untuk Android via Playstore
Unduh/download Final Fantasy IV Advance untuk GBA
Ads/Iklan
Unduh/download Final Fantasy II untuk Java
Unduh/download Final Fantasy IV untuk NDS
Ads/Iklan
Unduh/download Final Fantasy IV untuk PSP
Unduh/download Final Fantasy IV untuk SNES
Ads/Iklan









Game diunggah oleh: Emuparadise dan Rugame
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..