Cara Termudah untuk Mengkompres/Mengecilkan Ukuran File MP3


Ilustrasi: Pixabay
Readers, pagi ini aku akan memposkan cara mengkompres mp3. Apa sih gunanya mengompres file mp3? Sebelumnya, pernahkah kamu mendapatkan file mp3 berdurasi kurang dari 5 menit tapi memiliki ukuran yang terlalu besar?

Nah, mengkompres file MP3 akan mengubah ukuran mp3 tersebut menjadi lebih kecil tanpa harus kehilangan kualitas suaranya. Hal ini akan sangat berguna sekali saat kita ingin memasukkan file MP3 tersebut kedalam music player, iPod, HP, atau perangkat lainnya.

Cara Mengompres MP3 Secara Online

Cara yang pertama adalah cara mengompres mp3 secara online. Pertama, kunjungi alamat situs Online Convert yang beralamat di audio.online-convert.com/convert-to-mp3. Nanti akan muncul halaman seperti ini.
Opsi pengompresan mp3.
Kamu bisa klik choose file untuk mengunggah file mp3 yang ingin dikompress atau kamu bisa paste-kan alamat unduhan file mp3 tersebut. Dalam contoh ini, aku menggunakan lagu Ikimono Gakari yang berjudul Yell sebagai korbannya. Hohoho..

Kemudian kamu biarkan saja semua pengaturannya apa adanya. Kecuali jika kamu ingin mengubah bitratenya. Untuk komputer atau music player sekelas iPod/Walkman, kamu bisa pilih yang 128kbps, dan untuk ponsel atau musik player 20-ribuan kamu bisa pilih 64kbps. Semakin besar bitrate maka semakin besar pula ukuran filenya.

Setelah itu kamu klik "Convert" dan tunggu beberapa saat hingga file mp3-mu selesai dikompresi oleh server.

Oh iya, selain dengan komputer, cara ini juga bisa kamu lakukan melalui HP dengan bantuan browser Opera Mini. Bedanya, kalau di Opera Mini kamu harus rajin-rajin refresh/reload halaman karena Opera tidak pernah bisa secara otomatis me-refresh halaman. Kecuali jika kamu menggunakan Opera Mobile.

Cara Mengompres MP3 dengan Software

Cara yang kedua ini akan menggunakan software untuk mengompres mp3 paling sederhana yang diciptakan oleh Kevin Schneider. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis (legal) di situs web resminya www.inspire-soft.net/software/mp3-quality-modifier. Tenang saja, software ini memiliki ukuran yang minimalis, hanya 728kb. Yeah, seminimalis pengoperasiannya.

Setelah terunduh, buka file mp3-quality-modifier.zip dan jalankan Mp3QualityModifier.exe. Abaikan saja peringatan dari Smadav (jika kamu menggunakannya).

Jendela mp3 quality modifier.
Klik "Add files" dan pilih file mp3 yang akan kamu jadikan korban. Kalau aku akan mencoba dengan lagu Ikimono Gakari yang berjudul Arigatou. Kemudian pada opsi bitrate, kamu ganti modenya menjadi constant dan set seperti yang sudah kusebutkan sebelumnya.

Jangan lupa, pada destination kamu harus tentukan dimana file hasil kompress akan disimpan. Tapi kalau kamu malas, ya replace saja, file asli digantikan oleh file hasil kompress. 

Jangan ada yang terlewat.
Kalau sudah yakin ya klik "Process". Jangan takut ID3 tagnya akan berubah, karena software ini tidak akan mengubah keterangan apapun termasuk album artnya. Kalau ingin mengubahnya, Windows Media Player bisa mengatur keterangan lagu dan album art kok. Ngomong-ngomong ini nih hasil kompress file mp3 Ikimono Gakari-nya.

Hasil kompres.
Wow, ukurannya berkurang hingga 55% tapi suaranya Kiyoe Yoshioka (sang vokalis Ikimono Gakari) tetap merdu dan unyu.

Udah ah. Itu aja untuk pos ini. Semoga bermanfaat..

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..