Cara Mengubah Tampilan Google Chrome Menjadi Metro UI


Readers, dulu aku pernah membahas bagaimana cara mengubah Chrome menjadi tampilan metro ala Windows 8, tapi sayangnya bukan di blog ini. Sekarang aku akan membahas lagi. Namun, kali ini aku menggunakan ekstensi (extension) yang berbeda dari yang dulu. Ekstensi yang ini lebih enak dipandang. Nama ekstensinya adalah new metroTab.


Yeah, gambar diatas adalah screenshot dari new metroTab yang baru saja kupasang di Chrome-ku. Ada banyak tiles bawaan seperti weather, flickr, social network dan lain sebaginya. Tapi app ini masih belum aku atur sama sekali. Sekarang mari kita coba mengkustomisasi ekstensi ini. Seperti apa sih isinya?

Pertama kita arahkan kursor ke ikon orang botak di pojok kanan atas, lalu pilih option. Nanti kamu akan melihat banyak pilihan pengaturan. Tapi itu nanti bisa kamu atur sendiri, sekarang kita fokus di pengaturan appearance-nya (penampilan) saja.

Ada beberapa tab didalam pengaturan appearance.
  1. Tab User untuk mengganti nama, nickname, dan avatar. Yeah, kamu bisa isikan itu dengan namamu dan fotomu yang paling narsis.
  2. Kemudian ada tab Color untuk mengganti background. Ada beberapa background bawaan serta banyak pilihan juga di situs pencarian wallpaper yang disediakan oleh pengembang. Tapi kamu juga bisa menggunakan gambar yang tersimpan di HDD kamu.
  3. Tab animasi untuk mengatur animasi. Kamu bisa menonaktifkan fitur bila dirasa memberatkan kinerja browser kamu. Animasi hanya sekedar mempercantik.
  4. Tab detail untuk mengganti tulisan 'new tab' dengan tulisan yang kamu inginkan.
Setelah aku atur sedemikian rupa, akhirnya beginilah tampilan Chrome-ku sekarang..


Kelebihan new metroTab dibandingkan dengan ANTP atau app metro serupa adalah:
  • Ukuran lebih kecil dan kinerjanya cukup ringan sehingga tidak mengganggu aktifitas browsign.
  • Banyak dukungan API live tiles, tapi memang jarang live tiles yang bisa benar-benar bermanfaat bagi pengguna Indonesia.
  • Tampilannya lebih mulus dan keren. Aku rasa temanku bisa tertipu dan menganggapku sedang menggunakan OS Windows 8.
Kalau kamu ingin mencobanya, kamu bisa langsung mengunduh extension-nya di bawah ini..




Selamat bereksperimen dengan halaman new tab baru kamu ya!



Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..