Inilah Penyebab Mata Pedih Saat Menggunakan Komputer dan Gadget


Courtesy of Viva.co.id
Readers, apakah mata kamu sering terasa pedih, lalu disusul dengan pusingnya kepala, leher kaku, dan lain-lain terutama saat menggunakan laptop/komputer atau gadget? Itu adalah tanda bahwa kamu sedang mengalami ketegangan mata. Ketegangan mata memang bisa dihilangkan hanya dengan mengistirahatkan matamu. Tapi bagi kamu yang sudah keterusan memaksa mata yang perih untuk terus menatap layar, oh man sepertinya kamu harus berurusan dengan dokter.

Kamu takut dokter? Maka dari itu, pada artikel ini aku akan membahas mengenai ketegangan mata dan cara-cara mencegah serta cara menghilangkannya. Yuk, mari kita simak..

Apa sih Penyebabnya?

Ketegangan mata adalah kelelahan mata yang disebabkan oleh ketegangan otot-otot yang tidak beaturan dan disertai dengan kurangnya aliran darah hingga akhirnya membuat kita kekurangan oksigen. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, dan pasti kamu sudah familiar dengan kegiatan-kegiatan atau penyebab yang aku paparkan berikut ini.
  1. Membaca atau menulis sambil tiduran atau dengan posisi-posisi yang tidak bagus lainnya. Biasanya terjadi pada cewek yang hobi curhat sama buku hariannya sambil tidur-tiduran dan juga para cowok yang suka sekali membaca komik dengan adat malasnya.
  2. Terlalu lama menatap layar. Yeah, biasanya seringkali kita memaksa mata yang sudah lelah untuk terus mengetik, stalking mantan, atau main games. Padahal mata sudah merah layaknya mata sharingan.
  3. Pekerjaan yang mengharuskan kita untuk memandang dalam jarak yang dekat serta membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Biasanya terjadi pada penjahit, penyortir. Apalagi bila aktifitas tersebut dilakukan dengan posisi yang tidak bagus, seperti poin pertama.
  4. Terlalu lama bekerja diruangan ber-AC. AC itu membuat mata kering loh, seperti kata iklan obat mata.
  5. Terlalu sering menonton film 3D atau terlalu sering memainkan game 3D. Kalau 2D saja sudah membuat mata tegang, apalagi yang 3D.
  6. Kelilipan dan banyak lagi lainnya..

Bagaimana Cara Mencegah serta Mengobatinya?

Kamu bisa mencegahnya dengan tidak memaksakan matamu yang sudah kelelahan untuk aktifitas yang aku sebutkan diatas (atau juga aktifitas lain yang melelahkan mata). Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak saat membaca (minimal 30 cm), menjaga jarak saat menggunakan gadget (jaraknya kira-kira saja), menjaga jarak saat menonton televisi, menjaga jarak dengan layar laptop/komputermu (minimal sepanjang tanganmu) serta kurangi brightness-nya, dan jaga jarak dari mantan supaya tidak keseringan stalking sehingga terlalu berlebihan mendekatkan mata ke layar ponsel.

Courtesy of healthycomputing.com
Untuk pencegahan agar kamu tidak mudah tegang. Berikut ini tips dari Dr. Gede Pardianto, SpM.
  • Kurangi ketegangan.
  • Relaksasikan otot-otot
  • Beristirahat kalau merasa ada ketidaknyamanan sekitar mata, muka, kepala dan leher. 
  • Tidur yang cukup, dan yang penting adalah kualitas tidurnya.
  • Olah raga di tempat dengan metode 4R:
    1. RUTIN setiap hari (10-15 menit), 
    2. RITMIK (ada ritme dan hitungannya), 
    3. RINGAN (batasi tetap dalam kondisi aerobik/tidak sampai terengah-engah) dan.. 
    4. RILEKS (tidak membawa beban pikiran pada saat olah raga) 
  • Batasi pikiran hanya yang wajib berdasarkan prioritas kepentingan dan manfaatnya. Selesaikan berpikir sebelum melakukan kegiatan dan jangan membawa pikiran pada kegiatan berikut:
    1. Olah raga 
    2. Tidur 
    3. Mandi 
    4. Makan 
    5. Ibadah 
  • Rajin-rajinlah mengkonsusmsi buah dan sayur. 

Nah, kalau sekarang matamu sudah lelah. Kita bisa merilekskannya dengan langkah-langkah berikut.
  1. Pertama-tama, duduklah dengan nyaman. Tutup matamu dan letakkan jarimu yang dirapatkan di kelopak mata, sampai mata merasa rileks.
  2. Buka mata kamu, arahkan pandangan ke atas, tahan lima detik. Lalu gerakkan bola mata dengan rileks. Kemudian ganti arah pandangan ke bawah dan tahan lima menit. Ulang ini sebanyak 5 sampai 10 kali.
  3. Ulangi gerakan di atas, tapi dengan arah pandangan ke kanan dan kiri.
  4. Pejamkan matamu. Lalu gerakkan bola mata ke segala arah secara teratur. Ulangi lima kali.
  5. Arahkan pandangan ke objek yang jauh dan berusahalah fokus selama tiga detik. Kemudian arahkan ke objek yang dekat dan tahan pandangan selama tiga detik.

Jika matamu sudah terasa pedih sekali, kita bisa obati dengan cara berikut.
  • Kompres mata atau lakukan eye spa. Coba pakai timun, tapi jangan coba-coba bawang bombay.
  • Teteskan dengan air mata buatan yang biasa kita kenal dengan obat tetes mata.
  • Konsumsi suplemen yang mengandung banyak vitamin A.
  • Gunakan alat penggetar mata. Tapi aku tidak merekomendasikannya karena, menurut Dr. Gede Pardianto, penggunaan alat tersebut dalam jangka panjang ditakutkan dapat menimbulkan kekeruhan mata yang akhirnya dapat menyebabkan katarak.

Pokoknya kamu kalau masih sayang mata, masih ingin baca Quran, masih ingin membaca buku, googling, dan main games, jaga matamu. Pencegahan itu selalu lebih baik dari pengobatan! Semoga tips ini bermanfaat ya.







Referensi:
  1. Console.WriteLine("isantoza");. "Meminimalkan Pusing dan Mata Pegal Saat Melihat Laptop / Monitor Komputer". https://isantoza.wordpress.com/2012/02/01/meminimalkan-pusing-mata-pegal-melihat-laptop-monitor-komputer/ (diakses pada 4 Mei 2015)
  2. Kompasiana. "Sakit Kepala, Mata Pegal, Tidak Nyaman, Pedih dan Berair Oleh Dr. Gede Pardianto, SpM". http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/12/20/sakit-kepala-mata-pegal-tidak-nyaman-pedih-dan-berair-oleh-dr-gede-pardianto-spm-620083.html (diakses pada 4 Mei 2015)
  3. VIVALIFE. "Latihan Ringan Relaksasi Mata". http://life.viva.co.id/news/read/54028-latihan_ringan_relaksasi_mata (diakses pada 4 Mei 2015)
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..