Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Melalui Tulisan Tangannya


Menulis.
Readers, tahukah kamu bahwa kita bisa mengetahui karakter/kepribadian seseorang lewat tulisan tangannya? Ada ilmu yang bernama grafologi. Ilmu ini digunakan untuk mempelajari tentang tulisan tulisan tangan. Yeah, sure kamu bisa mengetahui kepribadian kamu atau seseorang dengan metode ini. Apalagi bila kamu suka bersapen.

Seperti dikutip dari www.dailymail.co.uk. Menurut penelitian dari National Pen Company di Amerika Serikat, tulisan tangan dapat menunjukkan lebih dari 5000 kepribadian yang berbeda berdasarkan cara kita membuat jarak diantara kata, cara kita menuliskan tanda tangan, dan lain-lain. 

Bahkan, tulisan tangan juga bisa menunjukkan potensi masalah kesehatan seperti misalnya skizofrenia atau tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Nanti akau akan membahasnya dalam artikel ini. Namun, kali ini kita fokus untuk mengetahui kepribadian dulu ya.

Sebelum di mulai, ambilah secarik kertas lalu tuliskan sebuah kalimat yang mengandung hutuf O, T, I, L, s, e, dan i. Setelah itu, mari kita cocokkan dengan infografis berikut ini.. 

Ukuran Tulisan

Size of letter via dailymail.co.uk
Ukuran tulisan tangan dapat menunjukkan apa jenis kepribadiannya. Seseorang dengan tulisan tangan yang besar menyukai perhatian, atau bisa dikatakan ia cenderung bersifat ekstrovert. Sedangkan seseorang dengan tulisan kecil pemalu dan suka menarik diri dari keramaian, atau bisa dikatakan ia cenderung bersifat introvert.

Jarak (Spasi) diantara Kata

Spacing between words via dailymail.co.uk
Seseorang dengan jarak tulisan yang berjauhan adalah orang yang menyukai kebebasan, tidak ingin terbebani dan tidak menyukai keramaian. Sedangkan seseorang dengan jarak tulisan yang berdekatan cenderung tidak bisa berdikari, suka keramaian dan terkadang hal itu menggangu orang lain.

Lingkar Huruf

Loop via dailymail.co.uk
Lingkar huruf yang tercipta saat menulis huruf L atau E dapat menunjukkan sifat alamiah penulisnya. Misalnya, lingkar yang cukup lebar (wide) itu menandakan bahwa  penulisnya adalah orang yang santai dan open-minded. Sedangkan lingkar yang sempit (narrow) menunjukkan bahwa penulisnya skeptis terhadap orang lain dan membatasi diri dari kegiatan tertentu, terutama yang menyebabkan perasaan emosi.

Cara Menulis Huruf I

Dotting your i's via dailymail.co.uk
Jika titiknya berada jauh diatas dasarnya, itu menunjukkan bahwa penulisnya memiliki imajinasi yang besar  Jika titiknya berada di dekat dasar, itu menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang terorganisir dan penuh empati. Jika titiknya berada dikiri, itu menujukkan penulisnya adalah orang yang suka menunda-nunda. Sedangkan jika penulisnya lebih suka melingkarkan titiknya, itu menunjukkan bahwa ia adalah orang yang kekanak-kanakkan (childish).

Orang yang suka menulis huruf i besar (kapital) dengan lebih besar dari huruf kapital lainnya adalah orang yang cenderung arogan. Sedangkan orang yang menulis huruf i besar (kapital) dengan lebih kecil dari huruf kapital lainnya adalah orang yang selalu bersyukur.

Membuat Huruf T

Crossing your t's via dailymail.co.uk
Salib yang panjang pada huruf T menunjukkan bahwa penulisnya bertekad kuat akan tetapi juga keras kepala. Sedangkan, salib yang panjang pada huruf T menunjukkan bahwa penulisnya adalah seorang pemalas dan tidak punya tekad yang kuat.

Cara Menulis Huruf


Orang yang menulis dengan huruf melingkar adalah orang yang kreatif dan artistik, sementara orang yang menulis dengan huruf yang runcing adalah orang yang agresif dan cerdas. Sedangkan orang yang suka menulis dengan huruf sambung adalah orang yang logis, sistematis, dan selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Huruf O yang ditulis dengan celah (tidak tertutup secara sempurna), menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang suka begaul, cerewet, dan biasanya berkepribadian ekstrovert. Sedangkan orang yang pendiam, tertutup dan berkepribadian introvert biasanya lebih suka menulis huruf O tanpa celah (tertutup sempurna).

Begitu juga dengan huruf s kecil. Jika huruf s kecil ditulis dengan melingkar, itu menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang gemar mencari penghargaan dari orang lain (people-pleaser). Sedangkan jika huruf s kecil ditulis dengan bagian bawah yang melebar, itu menunjukkan penulisnya mungkin tidak mengikuti keinginan hati mereka, baik dalam karir mereka atau kegiatan lainnya.

Tekanan dan Kecepatan Saat Menulis


Orang yang menulis dengan tekanan kuat, biasanya adalah orang yang berkomitmen kuat, sangat serius, tapi tidak cukup baik dalam merespon kritik. Sedangkan orang yang menulis dengan tekanan ringan biasanya adalah orang yang sensitif dan kekurangan vitalitas.
Tahukah kamu bahwa orang yang menulis dengan tekanan yang terkadang kuat dan terkadang lemah itu menandakan bahwa ia memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi).
Soal kecepatan penulisan, itu sangat mudah ditebak. Orang yang menulis dengan cepat adalah orang yang tidak sabaran dan tidak suka membuang-buang waktu. Sedangkan jika orang itu menulis dengan lambat, itu menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang yang terorganisir dan bisa menjaga diri.

Tanda Tangan

Signature via dailymail.co.uk
Tanda tangan yang sulit dibaca (kiri) menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang sulit dibaca dan juga sulit untuk dimengerti. Sedangkan tanda tangan yang mudah terbaca, menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang yang sangat percaya diri, ia merasa lebih baik menjadi diri sendiri.

Kemiringan Tulisan

Slanting via dailymail.co.uk
Jika tulisan tangan seseorang miring ke kanan, maka orang tersebut bersifat terbuka untuk pengalaman baru dan suka berkenalan teman baru. Jika tulisan tangan seseorang miring ke kiri, maka orang tersebut adalah orang yang cenderung untuk menjaga diri mereka sendiri. Sedangkan orang-orang yang tulisan tangan tidak miring dikedua arah adalah orang yang logis dan praktis.
Tahukah kamu bahwa orang yang menulis dengan kemiringan yang berubah-ubah atau tidak konsisten adalah ciri-ciri tulisan dari seorang penderita skizofrenia?


Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah bisa mengetahui karakter/kepribadian seseorang dengan ilmu grafologi ini? Bagaimana dengan karakter kepribadianmu sendiri? Yuk, mari share di komentar. Semoga bermanfaat..









Referensi/Sumber:

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..