Cara Praktis Mengatasi Warna yang Rusak AoE II di Windows 7


Readers, tahun lalu saat aku membuat review Age of Empires II, aku masih menggunakan Windows XP. Nah, sekarang untuk pertama kalinya aku mencobanya di Windows 7 dan ternyata berjalan mulus seperti yang aku harapkan, tapi entah kenapa warnanya rusak. Rumput berjadi cokelat, air jadi ungu, dan sebagian rumah atapnya berwarna hitam.
Color Issue.
Beruntung setelah Googling aku menemukan caranya. Ternyata letak masalahnya bukan hanya  Aero Glass Effectnya saja, tapi juga terletak di explorer.exe. Nah lo, kalau explorer.exe di kill, waduh taskbar dan ikon di desktop bakal ilang dong?

Jangan khawatir. Amakuni, seorang anggota dari forum komunitas Microsoft telah menjabarkan cara memperbaikinya dengan command prompt. Kamu hanya perlu membuat sebuah batch file sederhana. Caranya, buka Windows Eplorer dan masuk ke folder tempat kamu menginstall gamenya. Sudah?

Selanjutnya klik kanan di area kosong lalu pilih New dan klik Text Document, beri nama Age of Empires II.bat. Eits, jangan dijalankan dulu! Klik kanan pada file bat tersebut dan pilih Edit, terbukalah jendela notepad. Copy dan paste kode berikut ini:
taskkill /F /IM Explorer.exe
empires2.exe
start explorer.exe
Pada baris kedua, ganti nama file exenya sesuai dengan file exe yang ada di folder AOE kamu. Kalau sudah, simpan filenya dan jalankan file batch tersebut.

Pembaca: Ah, takut ah. Komputerku pernah modar gara-gara kode-kodean gitu! Ada cara lain nggak?

Sayangnya tidak ada cara lain. Lagipula kamu tidak perlu takut. Perintah taskkill itu hanya memerintahkan sistem untuk memberhentikan explorer.exe. Baris kedua memerintahkan sistem untuk menjalankan empires2.exe. Nah, baris ketiga, perintah start memerintahkan sistem untuk menjalankan explorer.exe lagi.

Pokoknya jangan takut saat taskbar dan ikon menghilang. Setelah game ditutup, komputermu akan kembali seperti semua kok. Selamat bermain!









Referensi:

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..