Asyiknya Berpetualang ala Bajak Laut di Sid Meier's Pirates!


Assalamualaikum. Sobat, selama beberapa tahun belakangan ini, game bajak laut ini telah membawaku mengelilingi samudera yang luas untuk berburu harta karun. Mulai dari game pertamanya yang berjudul Pirates di Nintendo Enterntainment System, lalu Pirates Gold yang ada di SEGA Genesis, dan sekarang Sid Meier's Pirates di PC!
Cover art.
Yeah, Sid Meier's Pirates adalah game yang dikembangkan oleh Firaxis Games (yang juga mengembangkan seri Sid Meier's Civilization) yang dirilis pada tahun 2004 untuk PC/komputer dan PSP. Bagi pengguna PC, game ini membutuhkan spek yang tidak begitu ringan. Bahkan untuk performa terbaik, kamu harus memiliki VGA yang support shader. Tapi untungnya, beberapa hari yang lalu aku telah menemukan cara mudah untuk mematikan shadernya, jadi laptop spek ringan bisa memainkannya dengan lancar jaya.

Gameplay

Gameplay Sid Meier's Pirates! secara umum masih sama dengan seri Pirates pendahulunya. Pada awal permainan kamu akan bermain sebagai seorang ABK (anak buah kapal) yang memberontak, melawan bajak laut otoriter yang memimpin kapal tempatmu mengabdi. Akhirnya terjadilah adu pedang khas Pirates antara kamu dan sang bajak laut otoriter. Yeah, pada tahap ini kamu dikenalkan dengan adu pedang yang jauh lebih dramatis daripada seri Pirates aslinya.
Adu pedang.
Setelah memenangkan adu pedang, kamu akan didapuk sebagai kapten bajak laut yang baru oleh ABK yang lainnya. Nah, dari situlah petualangan besarmu akan dimulai! Kita tidak akan terikat cerita, tapi ada cerita yang bisa kita ikuti, yaitu pencarian adik yang hilang. 

Berbeda dengan Pirates aslinya yang hanya berlayar di laut kosong nan menjemukan, pada Sid Meier's Pirates kita akan menemui banyak sekali kapal yang berlalu-lalang. Mulai dari kapal bajak laut musuh, atau kapal utusan negara. Jenis kapalnya pun ada banyak, ada lebih dari 27 jenis yang terbagi dalam beberapa kelas, setiap jenis kapal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nantinya kita juga bisa mengupgrade kapal dengan berbagai peralatan. Keren sekali ya?
Free roaming.
Bicara soal negara. Dalam game ini ada empat negara besar, yaitu Spanyol, Inggris, Perancis, dan Belanda. Kamu bebas mengabdikan diri kepada salah satunya. Kamu bisa menerima misi dari para gubernurnya, atau sebaliknya, kamu bisa menyerang mereka dan merampas harta benda yang mereka miliki. Selain itu juga ada pulau Bajak Laut, Pulau yang tidak dimiliki negara, dan Pulau Suku Indian. Berbeda dengan pulau milik negara, kita tidak dapat menyerangnya, kita hanya bisa menerima misi dari kepala daerahnya.

Kalau kita mengabdi kepada sebuah negara, seiring dengan keberhasilan kamu menenggelamkan kapal musuh mereka, atau menyerang pulau musuh mereka, kamu akan diberikan pangkat. Mulai dari Ensign, Major, Admiral hingga yang tertinggi entah apa namanya. Jujur saja aku baru mendapat pangkat Admiral, dan menurut teman-temanku masih banyak pangkat yang lebih tinggi lagi.

Permainan akan berakhir ketika kesehatan karaktermu tidak memungkinkan lagi untuk melaut, atau ketika kamu sendiri memutuskan untuk pensiun. Personal statusmu akan menentukan kamu akan pensiun sebagai apa. Kalau kamu terlalu miskin, ya mungkin kamu akan pensiun sebagai pelayan, hahaha..

Kesimpulan

Sid Meier's Pirates adalah game yang sangat cocok oleh para penggemar One piece atau penggemar sinema bajak laut lainnya yang ingin merasakan bagaimana asyiknya melaut di samudera yang luas. Selain itu game ini dengan canggihnya membutuhkan 4 jenis kemampuan player, mulai dari kemampuan navigasi untuk menghadapi perubahan cuaca, lalu kemampuan di bidang ekonomi untuk mestabilkan ekonomi dari sebuah negara, ketelitian untuk beradu pedang dan terakhir kemampuan merancang strategi perang yang dibutuhkan ketika kamu menyerang pulau.

Intinya, game ini sangat aku rekomendasikan bagi readers penggila laut yang memiliki empat kemampuan tersebut. Kalau tidak suka dan tidak punya kemampuan itu, lupakan saja game ini, karena kamu tidak akan pernah bisa mengerti dan menyukainya.

Likes:
  • Grafis yang smooth abis walau tanpa aktifnya shader.
  • FMV yang dramatis di beberapa event.
  • Map yang luas, belum sempat jelajah semuanya.
  • Ada banyak jenis kapal yang bisa dimainkan.
Dislikes:
  • Cuaca kurang menantang, dan bila tingkat kesulitannya ditambah malah menjadi mematikan.
  • Kontrol yang seharusnya sederhana ala konsol, menjadi membingungkan berkat kinerja hebat Firaxis.

Dimana Kita Bisa Membelinya?

Mengingat game ini sudah jadul sekali, saat ini Sid Meier's Pirates hanya tersedia dalam digital download. Yeah, kamu bisa mendapatkannya di Steam dengan harga $9.99 saja. Atau kamu juga bisa membelinya lewat situs ofisialnya yang beralamat di 2kgames.com

Khusus bagi pengguna Android dan Symbian, kamu bisa memainkan versi PSP, Genesis, NES, atau Java-nya. Selamat bermain!

Terimakasih.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..