Lagu Terbaik dari Ikimono Gakari


Akhirnya aku bisa memposkan artikel tentang lagu terbaik dari musisi Jepang favoritku, yaitu Ikimono Gakari! Jujur saja, sebenarnya aku butuh waktu beberapa bulan untuk lagu-lagu terbaik dari mereka.

Bagi readers yang belum tahu siapa mereka. Ikimono Gakari adalah band asal Jepang yang dibentuk pada tahun 2002 di Prefektur Kanagawa. Band ini beranggotakan 2 orang lelaki yang bermain gitar dan harmonika, serta seorang perempuan bersuara merdu yang berposisi sebagai vokalis.
Ikimono Gakari.
Di negeri kita, Indonesia, Ikimono Gakari dikenal sebagai pengisi soundtrack anime-anime terkenal seperti Naruto dan Bleach. Lagu yang paling dikenal di Indonesia adalah Bluebirds, dan Hotaru no Hikari (Shalala~) yang menjadi soundtrack dari anime Naruto Shippuden.

Berikut ini adalah daftar lagu-lagu terbaik mereka. Aku urutkan mulai dari yang terendah ya. Yuk, mari kita simak..


10. Akaneiro no Yakusoku

Lagu yang pertama, Akaneiro no Yakusoku. Lagu ini adalah trek kedua dari album studio kedua mereka, yaitu Life Album yang dirilis pada tahun 2008. Lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang menyatukan janji dibawah langit sore yang kemerahan.

9. Hana wa Sakura Kimi wa Utsukushi

Lagu Hana wa Sakura Kimi wa Utsukushi pertama kali aku dengar di Youtube. Awalnya aku merasa lagu ini aneh karena suara indah Kiyoe-chan jadi agak mirip para chipmunk. Eh, setelah punya lagu aslinya ternyata beda dari yang di Youtube, yang di Youtube itu temponya sedikit dipercepat oleh pengunggahnya, makanya suaranya jadi seperti chipmunk.

Lagu ini dibuka dengan nyanyian Kiyoe-chan dalam tempo yang lambat diiringi dengan iringan piano dari Hotaka, dan ketika sudah mulai masuk lagunya, gitar elektrik Yoshiki akan membuat lagunya lebih bersemangat. Kiyoe-chan bernyanyi dengan cepat di lagu ini, jadi bagiku lagu ini cukup sulit untuk dinyanyikan walaupun sebenarnya lagu @Miso Soup lebih sulit lagi.

8. Arigatou

Cover album "Ikimonobakari: Members Best Selection".
Arigatou ditulis sebagai bentuk terimakasih Ikimono Gakari kepada para Gakarian (penggemar mereka) yang setia mendukung dan terus menyaksikan konser-konser mereka. Lagu ini ada di album Ikimonobakari: Members Best Selection yang dirilis pada tahun 2010 lalu. 

7. Kimi ga Iru

Selanjutnya, Kimi ga Iru. Lagu yang menggambarkan perasaan seseorang ketika jatuh cinta ini satu album dengan lagu Arigato. Kalau mendengar lagu ini aku jadi optimis mau melamar Melody Nurramdhani, yeah setelah aku melamarnya, pulangnya langsung setel lagu Tersesal-nya J-Rocks (kan pasti depresi sehabis ditolak lalu bunuh diri, hehe).

Lirik Kimi ga Iru bagiku natural sekali, ditulis layaknya curhatan sang penggubah lagunya. Seperti misalnya pas bagian yang menceritakan menatap kamar sendiri yang berantakan, baju yang digantung nggak karuan tempatnya, dan masih banyak lagi. Monggo, dengarkan saja sendiri..

6. Hanabi

Hanabi adalah lagu Ikimono Gakari yang dijadikan soundtrack anime Bleach, tapi sepertinya aku belum pernah mendengarnya di opening maupun closing animenya. Lagu ini bercerita tentang mimpi yang diibaratkan sama dengan kembang api. Mimpi itu harus seperti sepenggal lirik lagu ini..

Setsuna ni hiraku sore wa hanabi
Kirameite yurameite aoki yume maihanatsu
Sakihokore haruka takaku
Mamoriyuku sono omoi hitasura narihibike
Hateru made semete tsuyoku
Kono hana moe yuku
Artinya:
It’s fireworks, bursting in an instant
Bloom proudly, way up high
Sparkling, dancing, releasing a blue dream
The love that protects us rings out in earnest
At least it will be strong until the end
The flowers are set alight

5. Hotaru no Hikari

Hotaru no Hikari (Shalala~) adalah lagu dari Ikimono Gakari lainnya yang didapuk menjadi soundtrack Naruto Shippuden. Enerjik tapi tidak lebih enerjik dari Bluebirds, walaupun begitu tetap saja liriknya begitu motivatif dan menyuarakan optimisme tanpa batas.

4. Yell

Yell (dikenal juga sebagai Joyful) adalah lagu Ikimono Gakari yang menjadi andalan mereka dari album Hajimari no Uta. Tak hanya lagu dan aransemennya saja yang menggalaukan, tapi juga liriknya yang begitu menggambarkan perasaan kerinduan kepada teman yang entah dimana.

Sayonara wa kanashii kotoba ja nai
Sorezore no yume e to bokura wo tsunagu yell
Itsuka mata meguriau sono toki made
Wasure wa shinai hokori yo tomo yo sora e
Artinya:
Goodbye isn’t a sad word
It’s a yell that connects us to our respective dreams
Until we meet again someday
I won’t forget this pride, my friend, into the sky

Itulah sepenggal lirik yang aku suka..

3. Nukumori

Nukumori adalah lagu penutup di album "I". Lagu ini bercerita tentang kehangatan hubungan yang sering dianggap lagu patah hati oleh pendengarnya di Indonesia. Tidak salah juga sih, aku juga sempat berfikir begitu karena tidak mengerti liriknya yang berbahasa Jepang. Susah juga mencari terjemahan liriknya karena Kiwi Musume tidak menyediakannya.
Cover album "I".
Nada lagu ini mengingatkanku pada lagu Indonesia, entah apa itu judulnya. Eits! Kalau berani jadi wibu labil, teriak-teriak Indonesia plagiat, aku jitak kamu! Lagu Indonesia yang ku maksud itu aku dengarkan jauh sebelum rilisnya album "I" pada tahun 2013 lalu.

Sekedar tahu saja, lagu ini sering aku dengarkan sebelum tidur..

2. Bluebirds

"Aoi! Aoi! Ano sora!"
Kalian pasti pernah mendengarnya di anime Naruto kan? Tentu saja, karena itu adalah lirik dari lagu Bluebirds yang didapuk menjadi soundtrack Naruto Shippuden. Survey membuktikan bahwa Bluebirds adalah satu-satunya lagu Ikimono Gakari yang paling sering didengarkan orang Indonesia, jarang-jarang loh orang Indonesia punya lagu Ikimono Gakari lebih dari satu di playlistnya (kecuali memang penggemarnya).
Keep calm and "AOI AOI ANO SORA".
Lagu ini memberi semangat kepada pendengarnya dengan lirik yang motivatif dan aransemen yang enerjik. Kadang aku heran kok Kiyoe-chan bisa tahan teriak-teriak menyanyikan Bluebirds, aku saja langsung serak nggak karuan (abaikan, aku memang nggak ada bakat nyanyi sedikit pun).

1. Sakura

Yeah, posisi pertamanya tentu saja Sakura. Sakura menjadi milestone bagi mereka ketika Ikimono Gakari memulai debutnya di major label dengan rilisnya lagu ini. Setelah mereka mulai populer, mereka pun merilis album major label mereka yang bertajuk Sakura Saku Machi Monogatari.
Cover album "Sakura Saku Machi Monogatari".
Lagu Sakura bercerita tentang gugurnya bunga sakura yang melayang bersama angin membawa cinta sekaligus kegalauan, karena gugurnya bunga sakura memberikan kebahagiaan sekaligus mengingatkannya tentang seseorang nun jauh disana. Keindahan lagu ini juga terdengar jelas dari aransemen lagunya. Pokoknya perasaan jadi campur aduk ketika mendengar lagu ini.

Ngomong-ngomong, Sakura juga ada versi akustik yang dikemas di album yang sama sebagai bonus track.


That's it! Itulah semua lagu terbaik Ikimono Gakari yang bisa aku rekomendasikan. Semoga membantu, dan selamat mendengarkan..
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..