Tips dan Cara Mudah Merawat Laptop untuk Pemalas Akut


Ilustrasi: Pixabay
Assalamualaikum. Readers, kadang aku merasa miris dengan teman-teman yang punya laptop mahal untuk desain, menggambar, dan bermain game berat tapi sama sekali tidak tahu caranya merawat laptop. Akibatnya laptop mereka selalu kena berbagai masalah. Ada yang sering BSoD, ada yang bolak-balik kena virus dan malware, dan bahkan ada yang sampai mati total.

Nah, kalau sudah begitu pasti galau kan? Jadi nggak bisa ikut turnamen di game online, jadi nggak bisa menggambar untuk commision work, jadi nggak bisa mengerjakan desain juga. Karena itu lah aku akan memberikan kiat-kiat sederhana merawat laptop yang bisa dilakukan oleh teman-teman yang pemalas akut maupun gaptek.


Gunakan Heat Sink

Overheat alias kepanasan adalah musuh terbesar laptop. Kadang ada beberapa orang yang tega membiarkan laptopnya kepanasan, terutama para cewek. Yeah, kan para cewek itu jelas sekali punya kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur. Nah, itu benar-benar parah banget. 

Seperti yang kalian tahu, spring bed itu menghisap panas dari lantai dan menghantarkannya keatas, dan laptop membuang panas melalui celah-celah yang ada di bagian samping dan bawah. Kompak deh! Gak sampai sebulan laptopnya juga bakalan K.O. Karena itu biasakan gunakan laptop di tempat sewajarnya saja.

Tapi itu belum cukup. Seperti yang aku bilang tadi bahwa laptop membuang panas mesin lewat bawah juga, tapi kaki-kaki laptop tak cukup tinggi untuk memberikan celah. Solusinya, kamu bisa menggunakan heatsink. Lalu, kalau kamu tidak punya uang untuk beli heat sink gimana? Pakai saja nampan berbahan stainless steel. Ini serius. Nampan stainles steel cukup efektif juga, asalkan diberikan celah cukup tinggi dengan memberikan ganjalan bagi laptopnya.

Pantau Kinerja Sistem

Pantaulah kinerja processor dengan gadget CPU meter yang disediakan oleh Windows. Lihat berapa berat kinerja CPU saat kamu gunakan untuk bekerja atau main games. Semakin tinggi persennya, artinya semakin tinggi pekerjaan processor kamu. Ingat ya, 50% saja itu sudah cukup tinggi.
CPU Meter.
Masih menyambung soal overheat. Selain bisa disebabkan oleh kebiaaan buruk, masalah ini juga mungkin disebabkan oleh kita--manusia iprit--yang cukup tega memaksa processor yang pas-pasan untuk mengerjakan hal-hal berat, padahal untuk hal ringan saja sudah berat.

Contohnya, kalau kamu bekerja sebagai digital artist dan software yang digunakan adalah Corel Draw X7. Software itu menuntut kamu untuk memiliki processor yang cukup kencang, bahkan Intel Core i3 saja tidak cukup, tapi kamu nekad memaksakan Intel Core Duo untuk mengerjakan desain berat dengan CDr X7. Dan ketika laptopmu ngadat, kau marah-marah. Kau ini gila atau apa?

Kalau memang pekerjaannya sudah naik level, sisihkanlah penghasilan yang didapat karena laptop yang kamu siksa itu untuk mengupgradenya atau membeli laptop yang memang sepantasnya dipakai kerja berat. Kalau yakin nanti dapat uang lagi, kenapa harus sepelit itu? Toh yang ada kerjaanmu jadi terhambat karena memaksakan laptop yang tidak sesuai..

Defrag Hard Disk

Setiap kali aku menyarankan temanku untuk mendefrag komputernya yang lemot, mereka selalu balik tanya..
Apa sih pentingnya defrag? Kok tidak kerasa sih efeknya? Kata orang malah merusak hard disk?
Defrag itu berguna untuk merapihkan file di komputer yang berantakan sehingga kinerja laptopmu akan lebih cepat. Kalau di dunia nyata itu ibarat merapihkan dokumen, kertas surat, dan catatan yang berserakan diatas meja. Mau laptop kamu Alienware, kalau malas defrag ya tetap saja akan menjadi lelet.
SmartDefrag.
Soal defrag katanya merusak hard disk, benarkah itu? Ya, benar sekali tapi hanya akan merusak kalau kamu keranjingan defrag! Mendefrag itu perlu tapi cukup satu bulan sekali, bukan setiap hari. Kalau kamu ingin mendefrag dengan lebih aman serta efektif, kamu bisa menggunakan software Smart Defrag yang diciptakan oleh iObit. Software ini mendefrag dengan jauh lebih efektif daripada defrag bawaan Windows.

Perbaharui Antivirus

Memperbaharui anti-virus itu penting, kenapa? Karena seiring pesatnya berkembangnya teknologi, virus pun juga ikut berkembang pesat. Banyak antivirus yang disediakan secara gratis, tapi biarpun sudah gratis, tetap saja ada orang yang tidak tahu diri yang cracking software itu agar mendapatkan fitur premiumnya secara ilegal.

Disadari atau tidak, kelakuan seperti ini sangatlah bodoh. Karena seandainya sang pembuat antivirus itu merasa dirugikan, mereka bisa saja memberikan 'hukuman' kepada komputer si pemilik antivirus hasil crack ini. Kalau tidak percaya, mari kita fikir. Seiandainya barang daganganmu dicuri, apa kamu akan diam saja ketika pencurinya melenggang di depan mata? Nah! Fikirkan sendiri.

Karena itu, rajinlah update antivirus dan jangan sekalipun menggunakan crack untuk itu, karena pada akhirnya kamu sendiri yang bakal rugi. Lebih baik beli saja lisensinya. Contohnya Smadav, hanya dengan Rp.30.000 kamu sudah bisa mendapatkan fitur premium mereka. Apa bagimu harganya kemahalan? Coba deh difikir, mahal mana sih sama paket internetmu sekarang?

Rawat Sistem

Untuk memastikan agar komputer tetap berjalan normal seperti saat baru membeli, tentunya kita harus merawat sistem. Seperti misalnya membersihkan registry, membuang file-file sampah, membersihkan malware, dan lain sebagainya. Tentu saja bagi kita hal itu sulit dilakukan.

Namun, kalau kita benar-benar sayang pada laptop yang selalu membantu dan menemani kita, kita bisa mencoba perawatan komputer dalam sekali klik yang ditawarkan oleh Advanced Systemcare. Komputer yang lemotnya sudah akut, sering BSoD, bahkan bootingnya juga lama, pasti bisa diperbaiki dengan Systemcare.
Advanced SystemCare 8.2.
Bagi readers yang penasaran dengan segala macam fitur yang ditawarkan Systemcare, aku pernah mengulasnya pada artikel Advanced Systemcare. Satu Solusi untuk Semua Masalah Komputer, silakan klik untuk membacanya.

Buatlah Restore Point

Terakhir, bila kamu merasa komputermu membaik setelah melakukan langkah-langkah yang telah aku sebutkan, lakukanlah pembuatan restore point! Caranya buka Control Panel > System and Security > System > System protection. Nanti akan muncul popup seperti dibawah ini, klik saja create, masukan nama (misalnya Best Condition), lalu klik create dan tunggu sampai selesai.
System Properties WIndows 7.
Apa sih kegunaannya restore point? (Baca: Manfaat System Restore Point Pada Windows) Restore point berguna sekali dalam keadaan darurat. Misalnya komputer tiba-tiba ngadat, biasanya klik game sekali langsung running, ini kok harus dua kali dan bikin overheat? (Baca: Cara Mengatasi Game yang Tidak Mau Jalan di Windows 7) Nah, system restore akan membawamu kembali kepada saat komputermu masih belum ngadat. Tapi semua software yang kamu install setelah dibuatnya restore point, akan otomatis ter-uninstall ketika kamu melakukan system restore.

Membuat restore point bukanlah sesuatu yang harus dilakukan setiap hari, tapi ada baiknya kamu membuat restore point sebelum menginstall software yang mengubah system. Misalnya program besar seperti Adobe Photoshop CS5, Corel Draw X7. Atau juga sebelum memasang driver. Jadi ketika ada masalah, kita tinggal lakukan system restore saja.


That's it. Itulah kiat-kiat termudah untuk merawat laptop bagi para pemalas akut. Terlihat sepele, bukan? Namun besar sekali manfaatnya bagi laptop kesayangan kita. Sering kali kesalahan bukan ada di software maupun hardware, tapi kesalahan itu ada di brainware (pengguna) yang tahunya hanya memakai saja, dan bisanya hanya mencaci komputer ketika ngadat.

Jangan pernah beralasan gaptek!

Komputer kita adalah teman bekerja sekaligus teman bermain yang setia. Aku rasa sangat pantas kok sesekali kita merawatnya dengan tangan sendiri. Niscaya dengan langkah sederhana ini kita akan jarang berurusan dengan tukang servis langganan. Terimakasih. Selamat mencoba!

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..