Cara Efektif Melawan Erep-erep dan Mencegahnya


Ilustrasi: Pixabay
Assalamualaikum. Readers, apa kalian pernah mengalami kondisi dimana kamu baru tidur sebentar, lalu tiba-tiba langsung sadar dan terbangun tapi tidak dapat bergerak? Yeah, aku juga. Kejadian ini disebut sleep paralysis, atau kalau orang Indonesia kerap kali menyebutnya sebagai ketindihan setan, erep-erep, atau rep-repan.
Ilustrasi sleep paralysis.
Benarkah saat mengalami kondisi itu kita benar-benar ketindihan setan? Aku percaya karena pernah mengalaminya, namun aku lebih percaya pada penjelasan ilmiahnya. Sederhananya ketika erep-erep, tubuh kita tidur tapi belum sepenuhnya tertidur. Kondisi ini tidak berbahaya, tapi tentu saja menakutkan. Untuk penjelasan selengkapnya, kamu dapat mencarinya sendiri di mesin pencari.

Baca Juga: Erep-erep: Penyakit Medis atau Gangguan Gaib?

Sebagai korban dari erep-erep, aku sudah sangat berpengalaman sekali. Bisa dibilang aku adalah masternya erep-erep di Indonesia, hahaha. Karena itu bagi teman-teman yang sudah lelah dengan gangguan erep-erep, aku akan memberikan tips melawan erep-erep dan mencegahnya agar tidak kembali. Berikut ini caranya..

Ketika Terkena Erep-erep

Pada saat kamu terkena erep-erep, kamu ada dua pilihan. Pilihan yang pertama adalah tidak melawan dan lama-kelamaan dirimu akan tidur, tapi dengan mimpi buruk tentang hantu. Atau pilihan kedua kamu melawan dan kamu terbebas dari mimpi buruk, tapi kamu akan butuh sedikit usaha untuk tidur karena rasa takut yang mengganggu. Kalau aku sih, pasti pilih yang kedua, karena aku tidak mau terganggu dengan mimpi buruk tentang hantu.

Catatan Penulis (9 Februari 2019): Cara melawan dibawah ini hanya berlaku untuk erep-erep biasa. Ketahui perbedaan erep-erep biasa dan gangguan gaib pada artikel terbaru.

Bagi yang belum tahu cara melawannya. Simak langkah berikut ini..
  • Ketika kamu terkena dan mata kamu sudah terbuka, segera atur nafas. Nafas orang yang erep-erep itu adalah nafas halus orang tidur, maka dari itu berusahalah bernafas seperti saat kamu sedang tidak tidur.
  • Gerakan kaki atau tangan, berulang-ulang hingga kamu bisa menggerakkannya secara normal, dan halusinasi hilang.
  • Selamat, kamu sudah berhasil melawan erep-erep!

Tapi jangan lupa bahwa erep-erep bisa kembali dalam sekejap bila kita tidak melawan rasa kantuk berat yang kita rasakan saat itu. Yeah, begitu kamu ketiduran sedikit, dijamin kamu bakal kena lagi. Karena itu sebelum kembali tidur pastikan kamu menghilangkan dulu kantuk yang berat dengan duduk, atau pergi mengambil segelas penuh air untuk diminum, dan setelah itu lakukan trik pencegahan yang setelah ini akan aku bahas..

Cara Mencegah Erep-erep

Ada banyak hal yang memicu erep-erep, namun yang paling utama adalah beban fikiran dan tubuh yang terlalu lelah. Kalau kamu merasa banyak beban fikiran, kamu bisa melakukan hal yang membebaskan fikiran, misalnya dengan membaca, tapi bukan berarti membaca di ponsel atau sambil tiduran. Kamu bisa membaca novel atau buku self-help seperti La Tahzan karya Dr. 'Aidh al-Qarni, tapi ingat, berhentilah ketika fikiranmu sudah bebas dari beban, dan segera tidur, oke?
Membaca sebelum tidur.
Sedangkan kalau kamu terlalu lelah, ada momentum dimana kamu tidak boleh langsung tidur, yaitu ketika rasa kantuk beratmu memuncak. Kalau kamu nekad tidur pada kondisi itu, dijamin baru satu menit kamu langsung terbangun dengan kondisi erep-erep. Untuk melawannya mudah, hilangkan dulu rasa kantuk yang memberatkan kepala hingga menjadi kantuk biasa--bisa dengan sholat jika belum melaksanakannya (khusus muslim), lalu tidurlah dengan tenang. Ibarat makanan panas, tunggulah dulu sampai agak dingin, baru dimakan.

Selain kedua hal itu, gadget-gadget kamu juga punya andil dalam hal ini. Maka dari itu, jangan main games sebelum tidur, apalagi bila itu adalah game membangun kota dan kerajaan yang habis-habisan menguras habis otak kamu. Pokoknya satu jam sebelum tidur, jauhkan mata dari layar gadget. Sebab didalam otak kita ada sensor yang menganggap terangnya layar adalah sinar matahari. Sehingga ngantuk mata akan hilang, tapi tubuhnya tetap kelelahan.

Oh iya, sampai hampir lupa. Menyambung poin pertama, bagaimana bila cara mencegah erep-erep agar tidak kembali setelah kamu terkena erep-erep. Caranya adalah dengan tidur sambil mendengarkan musik. Ada yang bilang bahwa tidur sambil mendengarkan musik itu tidak baik, tapi khusus untuk mencegah erep-erep hal itu baik. Namun, jangan kira maksudku musik metal atau underground. Musik yang aku maksud adalah musik yang lambat dan mendayu-dayu, pokoknya harus yang lullaby banget. Jangan lupa gunakan music player dengan fitur timer.


Nah, dengan cara-cara yang aku sebut diatas, dijamin kamu akan terbebas dari ereup-ereup dan tidur dengan nyenyak. Satu hal lagi, jangan lupa berdoa sebelum tidur ya. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi readers sekalian. Terimakasih.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

14 komentar:

  1. Makasih banyak tips nya

    Barusan saya 4xberturut" ngalamin ereup-ereup Rasanya ganggu banget walawpun ga ada rasa takut sama sekali tapi klo kena nya sampe 4x kan gangu banget pas saya bebas dari erep" saya ambil miinum lalu penasaran akhir nya saya sreching dan semoga setelah membaca tips di atas saya bisa lanjutin tidur tanpa ganguan

    BalasHapus
  2. haha lu kira lu doang master eureup eureup indonesia ? hahaha.
    nih tips dari gw kalo kalian eureup eureup pas lagi tidur sama temen temen yg masih bangun, gausah teriak PERCUMA.
    NAFAS AJA KELUAR MASUK YG CEPET DARI MULUT KAYA YG CAPE ABIS MARATON TAPI LEBIH CEPET dijamin temen lu kaget langsung bangunin lu ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, akhirnya ketemu master lainnya. Hahaha. Salam hormat saya belajar di padepokan ereup-ereup Bogor!

      Hapus
  3. Terima kasih, sangat berguna.
    Wah saya sering kena erep2 juga dr sejak gadis smp skr sdh berkeluarga. Pernah dengan melawan badan menjadi lemas dan capek luar biasa setelahnya, krn capek akhirnya ketiduran lg dan kena lagi, sampai berulang2....
    Kalo ada teman tidur, biasanya kalo kena erep2, saya dibangunkan, lalu saya tidur sambil pegang tangannya (pokoknya kulit saya harus menempel dengan kulit lagi, saudara/suami/anak dll)
    Setelah itu tdk kena erep2 buarulang.

    BalasHapus
  4. Aku tiap hari erep2, smpe kalo tidur siang jg erep2, berulang2 lagi, ganggu bgt. Aku suka lupa cara ngelawan erep2nya, jd suka panik dluan. Apalagi kalo lg erep2 ada hantu2 yg ngebisikin lah , menggelitik badan, kan gaenak di kelitik gitu kita mau ngelawan gabisa. Smpe pernah karna keseringan. Aku diemin aja😄. Kalo keseringan gitu perlu diperiksa ga ya?

    BalasHapus
  5. Meski sudah sejak kecil ngalamin seperti ini,sampai kini punya anak kecil,masih saja trjadi.
    Untungnya selama punya suami.dia yg bantu membangunkan saya,lah coba waktu dulu mah samape nangis² saking berulang² dari malem Ampe subuh.
    Saya coba yah tips'nya....tq

    BalasHapus
  6. Kalau kena ereup ereup badan suka bergetar aku mah susah nafas lagi dan datang nya sering banget padahal gak lagi kecapean.kadang kerasa nyerang nya di tempat tempat berbeda kayak di dada punggung pinggang leher belikat dll. Rifuh banget pokonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya harus diperiksa secara medis deh bro/sis. Agak aneh, karena terjadinya fokus di sebuah titik..

      Hapus
  7. Aku mah udah parah banget ereup2 nya gak tau deh harus gimana lagi cape...

    BalasHapus
  8. Makasii tips.a.. Sya sering bngt kena erep erep sampe cape lemess dan kadang mau tidurr takutt.. Tips.a pastii dii coba tpii semoga sih gk kena lagii 😁😁

    BalasHapus
  9. .saya sering sekalai ganggun itu

    BalasHapus
  10. Saya Minggu ini udh 2x kena erep-erep . Pertama iya saya ngerasa waktu tidur balik terlentang tubuh saya langsung ditindih itu saya jelas liat soalnya saya blm lelap tidur . Dan barusan saya baru tidur blm kurang lebih 1 jm dan tdr pun Menghadap samping tpi tetap kenatindih . Tpi saya sll melawan nya dengan bacaan ayat suci Al-Qur'an.

    BalasHapus

Monggo meninggalkan komentar..