Cara Efektif Melawan Erep-erep dan Mencegahnya


Ilustrasi: Pixabay
Assalamualaikum. Readers, apa kalian pernah mengalami kondisi dimana kamu baru tidur sebentar, lalu tiba-tiba langsung sadar dan terbangun tapi tidak dapat bergerak? Yeah, aku juga. Kejadian ini disebut sleep paralysis, atau kalau orang Indonesia kerap kali menyebutnya sebagai ketindihan setan, erep-erep, atau rep-repan.
Ilustrasi sleep paralysis.
Benarkah saat mengalami kondisi itu kita benar-benar ketindihan setan? Bagiku hal itu omong kosong, apalagi erep-erep sudah ada penjelasan ilmiahnya. Sederhananya ketika erep-erep, tubuh kita tidur tapi belum sepenuhnya tertidur. Kondisi ini tidak berbahaya, tapi tentu saja menakutkan. Untuk penjelasan selengkapnya, kamu dapat mencarinya sendiri di mesin pencari.

Sebagai korban dari erep-erep, aku sudah sangat berpengalaman sekali. Bisa dibilang aku adalah masternya erep-erep di Indonesia, hahaha. Karena itu bagi teman-teman yang sudah lelah dengan gangguan erep-erep, aku akan memberikan tips melawan erep-erep dan mencegahnya agar tidak kembali. Berikut ini caranya..

Ketika Terkena Erep-erep

Pada saat kamu terkena erep-erep, kamu ada dua pilihan. Pilihan yang pertama adalah tidak melawan dan lama-kelamaan dirimu akan tidur, tapi dengan mimpi buruk tentang hantu. Atau pilihan kedua kamu melawan dan kamu terbebas dari mimpi buruk, tapi kamu akan butuh sedikit usaha untuk tidur karena rasa takut yang mengganggu. Kalau aku sih, pasti pilih yang kedua, karena aku tidak mau terganggu dengan mimpi buruk tentang hantu.

Bagi yang belum tahu cara melawannya. Simak langkah berikut ini..
  • Ketika kamu terkena dan mata kamu sudah terbuka, segera atur nafas. Nafas orang yang erep-erep itu adalah nafas halus orang tidur, maka dari itu berusahalah bernafas seperti saat kamu sedang tidak tidur.
  • Gerakan kaki atau tangan, berulang-ulang hingga kamu bisa menggerakkannya secara normal, dan halusinasi hilang.
  • Selamat, kamu sudah berhasil melawan erep-erep!

Tapi jangan lupa bahwa erep-erep bisa kembali dalam sekejap bila kita tidak melawan rasa kantuk berat yang kita rasakan saat itu. Yeah, begitu kamu ketiduran sedikit, dijamin kamu bakal kena lagi. Karena itu sebelum kembali tidur pastikan kamu menghilangkan dulu kantuk yang berat dengan duduk, atau pergi mengambil segelas penuh air untuk diminum, dan setelah itu lakukan trik pencegahan yang setelah ini akan aku bahas..

Cara Mencegah Erep-erep

Ada banyak hal yang memicu erep-erep, namun yang paling utama adalah beban fikiran dan tubuh yang terlalu lelah. Kalau kamu merasa banyak beban fikiran, kamu bisa melakukan hal yang membebaskan fikiran, misalnya dengan membaca, tapi bukan berarti membaca di ponsel atau sambil tiduran. Kamu bisa membaca novel atau buku self-help seperti La Tahzan karya Dr. 'Aidh al-Qarni, tapi ingat, berhentilah ketika fikiranmu sudah bebas dari beban, dan segera tidur, oke?
Membaca sebelum tidur.
Sedangkan kalau kamu terlalu lelah, ada momentum dimana kamu tidak boleh langsung tidur, yaitu ketika rasa kantuk beratmu memuncak. Kalau kamu nekad tidur pada kondisi itu, dijamin baru satu menit kamu langsung terbangun dengan kondisi erep-erep. Untuk melawannya mudah, hilangkan dulu rasa kantuk yang memberatkan kepala hingga menjadi kantuk biasa--bisa dengan sholat jika belum melaksanakannya (khusus muslim), lalu tidurlah dengan tenang. Ibarat makanan panas, tunggulah dulu sampai agak dingin, baru dimakan.

Selain kedua hal itu, gadget-gadget kamu juga punya andil dalam hal ini. Maka dari itu, jangan main games sebelum tidur, apalagi bila itu adalah game membangun kota dan kerajaan yang habis-habisan menguras habis otak kamu. Pokoknya satu jam sebelum tidur, jauhkan mata dari layar gadget.

Oh iya, sampai hampir lupa. Menyambung poin pertama, bagaimana bila cara mencegah erep-erep agar tidak kembali setelah kamu terkena erep-erep. Caranya adalah dengan tidur sambil mendengarkan musik. Ada yang bilang bahwa tidur sambil mendengarkan musik itu tidak baik, tapi khusus untuk mencegah erep-erep hal itu baik. Namun, jangan kira maksudku musik metal atau underground. Musik yang aku maksud adalah musik yang lambat dan mendayu-dayu, pokoknya harus yang lullaby banget. Jangan lupa gunakan music player dengan fitur timer.


Nah, dengan cara-cara yang aku sebut diatas, dijamin kamu akan terbebas dari ereup-ereup dan tidur dengan nyenyak. Satu hal lagi, jangan lupa berdoa sebelum tidur ya. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi readers sekalian. Terimakasih.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

2 komentar:

  1. Makasih banyak tips nya

    Barusan saya 4xberturut" ngalamin ereup-ereup Rasanya ganggu banget walawpun ga ada rasa takut sama sekali tapi klo kena nya sampe 4x kan gangu banget pas saya bebas dari erep" saya ambil miinum lalu penasaran akhir nya saya sreching dan semoga setelah membaca tips di atas saya bisa lanjutin tidur tanpa ganguan

    BalasHapus

Monggo berkomentar dengan sopan..