Gambaran Kepribadian Seseorang dari Status Facebooknya



Assalamualaikum. Readers, percayakah kalian bahwa disetiap detik ada 11.500-an orang mengupdate status Facebooknya? Terbayang deh, berapa banyak jumlah status yang terupdate dalam sehari. Mungkin lebih dari puluhan juta yang terposting. Jumlah yang jauh lebih banyak lagi, pasti terjadi di twitter.

Di beranda, kita melihat banyak sekali status Facebook. Mulai dari status yang galau-galau nggak jelas, status yang motivatif, hingga status yang isinya mengajak pembaca untuk perang. Yeah, sadar atau tidak, kita pasti juga pernah menulis hal yang tidak-tidak. Teman-temanku bahkan pernah jahil dengan menggali status lama dari sahabat mereka, dan itu lucu sekali. Hahaha.

Dikutip dari www.nationalgeographic.co.id. Sebuah penelitian baru mengatakan, status Facebook seseorang benar-benar dapat mengatakan banyak hal tentang kepribadian penulisnya. "Status di media sosial dapat mengungkapkan apakah kita seorang narsis atau neurotik, dan berapa banyak harga diri yang kita miliki," kata peneliti. "Menulis tentang hal-hal yang romantis tentang pasangan adalah tanda harga diri yang rendah." 

Penelitian tersebut dilakukan oleh Brunel University dengan menganalisa 555 pengguna Facebook. Survei difokuskan pada lima besar ciri kepribadian: ekstrovert, terbuka, ramah, neurotisis dan penuh kesadaran. Juga berapa harga diri dan tingkat kenarsisan mereka.

Para ilmuwan menemukan, pengguna cenderung untuk mengirim update sesuai dengan ciri-ciri kepribadian mereka. Mereka menemukan orang dengan skor narsis yang tinggi  mencari pengakuan dari orang lain yang tidak bisa mereka temukan secara offline.

Orang yang berkepribadian ekstrovert memanfaatkan Facebook sebagai alat untuk terlibat secara sosial dan seringkali menulis status tentang kegiatan sosialnya. Mereka juga kurang termotivasi oleh rasa suka dan lebih termotivasi oleh interaksi dengan orang lain. Lengkapnya, inilah hasil dari penelitian tersebut. Monggo disimak..

Narsis

Orang yang narsis, sering menulis status tentang prestasi mereka baik di bidang seni, olahraga dan lain sebagainya, karena mereka mencari perhatian dan pengakuan dari orang lain.

Terbuka, penuh rasa ingin tahu, kreatif

Orang yang terbuka, penuh rasa ingin tahu dan kreatif sering menulis status  tentang keyakinan politik dan topik intelektual karena mereka suka mencari serta berbagi informasi dalam  interaksi sosial.

Teliti

Tipe teliti itu jarang menulis status karena mereka cenderung waspada mengenai bagaimana orang lain menerima status mereka. Ketika menulis status, mereka cenderung suka menulis mengenai keluarga atau sahabat mereka.

Kurang Pede

Orang yang rendah diri sering menulis status tentang pasangan romantis mereka, untuk menumpas rasa tidak aman dan menunjukkan bahwa hubungan mereka berjalan dengan baik.


Nah, itulah dia beberapa tipenya. Kamu yang mana? Kalau aku entah kenapa kayaknya termasuk hampir ke semua tipe. Entahlah. Semoga bermanfaat. Terimakasih!

Wassalamualaikum.








Referensi:
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..