Cara Mengatasi Game yang Tidak Mau Jalan di Windows 7


Assalamualaikum. Readers, aku sempat pusing menghadapi masalah di Windows 7 yang membuat game-gameku macet diproses dan tidak mau berjalan tapi CPU usagenya tinggi, bahkan memakan satu core dari dua core yang ada. Sebenarnya bisa sih diatasi dengan klik kedua kalinya, tapi CPU usageku naik hingga 100%, dan notebookku pun overheat. 

Selain itu, masalah ini juga bisa diatasi kalau bermain game dan internetnya tersambung. Gamenya akan berjalan normal, tapi bagaimana kalau playernya adalah manusia yang jarang punya kuota modem seperti penulis artikel ini?

Karena sudah muak, suatu hari aku mencoba meneliti daftar proses di task manager untuk mengetahui sumber penyakitnya. Aku pun menemukan bahwa penyebabnya adalah rundll32.exe, dan lebih spesifiknya lagi adalah gameux.dll biang keladinya. GameUX adalah library milik game explorernya Windows 7.

Jadi, untuk memperbaikinya, kita harus menyingkirkan gameux.dll. Bagaimana caranya?

Pertama, buka Windows Explorer dan masuk ke C:\Windows\System32. Kemudian, kamu cari gameux.dll sampai ketemu..


Kalau sudah ketemu, kamu bisa langsung rename itu menjadi gameux.dll.bak. Namun, bila kamu mendapat peringatan "You need permission to perform this action!" maka kita harus terlebih dahulu memanipulasi owner filenya. Caranya klik kanan pada file itu dan pilih properties.

Pada tab properties, kamu klik tab Security dan klik Advanced lalu pilih tab Owner. Disana kamu akan melihat bahwa file gameux itu dimiliki oleh TrustedInstaller. Klik edit dan pilih owner barunya. Kalau bingung, pilih saja ke Administrator.

Eits! Belum selesai! Sekarang kembali lagi ke tab properties, masuk ke Security dan klik Edit. Klik Administrator dan centang full control.


Setelah itu klik apply, rename gameux.dll menjadi gameux.dll.bak dan restart komputernya..

Nah, sekarang walaupun game explorernya sudah tidak bisa dipakai, game apapun yang kamu jalankan akan berjalan dengan normal. Kamu tidak butuh lagi koneksi internet ataupun membuka task manager untuk memainkannya. Tinggal klik dan main! Selamat mencoba!

Efek Samping

Jangan dikira bahwa menghilangnya gameux itu tidak membawa masalah. Bagi kamu yang ingin mengubah setting parental control akan terkena dampaknya. Kamu tidak akan bisa mengubah limit untuk user manapun kecuali untuk sementara kamu kembalikan gameux.dll-nya.

Sudah jelas? Terimakasih. Wassalam!

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..