Game PC Ringan Terbaik yang Pernah Aku Mainkan



Assalamualaikum. Readers, pengalamanku dalam bermain game PC itu terbatas. Sebab, laptop milikku ini tidak sehebat milik kalian. Apa coba yang bisa diharapkan dari laptop keluaran 2007 dengan spek Intel Dual Core 2.1 GHZ, RAM 2GB, dan VGA bawaan Intel 128MB?

Tapi itu bukan berarti sebuah halangan bagiku. Meskipun pas-pasan, laptop ini bisa menjalankan game-game ringan terbaik. Walaupun kadang ya harus menerima settingan serba mentok kiri alias lowest.

Bagi readers yang mencari rekomendasi game ringan terbaik untuk PC atau laptopnya yang low spek, aku telah membuat daftarnya dengan spek laptopku sebagai patokannya. Mungkin tidak sebanyak daftar game java terbaik, tapi aku menjamin kualitas dari game-game terbaik berikut ini..
Tanggal update terakhir: 30 April 2018

Game Action/Adventure Terbaik untuk PC Spek Ringan

Genre action dan adventure adalah genre paling mainstream. Ada banyak judul pada genre ini, sehingga agak sulit menentukan mana yang terbaik. Berikut ini adalah judul yang paling ringan beserta ulasannya..

HALO: Combat Evolved via Steemit.
Bagi readers yang menyukai game bergenre first person shooter. Games berikut ini patut masuk dalam daftar buruan kalian..
- Call of Duty 1 - Ingat Brother in Arms di Symbian? Kurang lebih seperti itulah game ini. Game ini punya jalan cerita yang jelas seperti sebuah film perang dunia ke-2. Senjatanya serba jadul tapi disitulah keasyikannya. Kalau mau yang agak modern sedikit, coba yang dibawah..
- Delta Force: Black Hawk Down (Platinum Pack) - Game ini mirip Counter Strike tapi jauh lebih ringan. Kekuatan game ini adalah misi single playernya, jadi bagi readers yang modemnya selalu kosong kayak aku, ya.. game ini cukup menghibur. Kalau mau yang lebih futuristik, coba yang dibawah lagi..
- HALO: Combat Evolved - Dalam game ini kita harus membasmi alien. Grafis, musik, dan efek suaranya keren. Kedua game sebelumnya dijamin kalah. Tapi sejujurnya aku kurang suka dengan game yang terlalu futuristik seperti ini, namun Halo membuatku jadi menyukainya..
- Unreal Gold - Kalau belum puas dengan HALO, maka kamu juga harus mencoba ini. Serupa tapi tak sama. Kabarnya dibuatnya HALO itu terinspirasi oleh Unreal. Grafis memang lebih payah, tapi..
- Unreal 2: The Awakening - Sequel Unreal ini nggak kalah, malah lebih unggul dari segi grafis dan desain map yang lebih realistik. Belum tahu lebih jauh soal bagus tidaknya cerita, karena aku baru memainkan dua level. Masih asyik dengan Unreal Gold.
- Serious Sam: The First Encounter - Kalau game sebelumnya kurang memacu adrenalin, maka cobalah game ini. Serius deh AI di Serious Sam intens banget serangannya. Padahal jalan ceritanya nggak jelas, tapi keasyikan membantai monster disini menutup segalanya.
- Serious Sam: The Second Encounter - Kurang lebih hampir sama dengan First, tapi AI-nya tambah sableng dan bikin jantungan. Bahkan di level easy kamu tidak bisa berbuat banyak. Namun anehnya malah itu yang bikin menarik.
- Far Cry 1 - Gila memang. Aku sampai melongo setelah melihat sendiri game ini berjalan lancar di laptop VGA payah dengan settingan medium. Dengan grafis yang crystal clear dan lebih bagus dari Just Cause, aku masih heran dengan kelancaran game ini. Aku sempat mengupload beberapa screenshot sebagai bukti keindahannya.
- Return to Castle Wolfenstein - Aku yakin nggak ada yang nggak tahu Wolfenstein, apalagi mantan Symbianers. Nah, game RTCW ini adalah versi remake dari game tersebut. Dengan grafis yang nggak jadul amat, dan tambahan cerita, game ini semakin layak untuk dicoba.

Mafia via pakdhegames.blogspot.com
Kalau kalian kepingin berpetualang sambil mengeksplorasi dunia virtual. Cobalah game berikut ini .
- Grand Theft Auto: San Andreas - "Pasti GTA nih.." mungkin itu yang kalian fikir, kan? Memang iya. Sepertinya GTA belum ada saingannya sebagai game action open world yang ringan. Ya mau bagaimana lagi memang cuma itu yang ringan.
- Mafia: The City of Lost Heaven - Game ini bisa dibilang jauh unggul dan realistis dari segi cerita dan grafis daripada GTA Vice City yang rilis pada tahun yang sama. Dengan dunia ala The Godfather kamu akan dibawa untuk merasakan sisi gelap dunia mafia Italia. Mobil-mobil disini jadul dan unik abis. Btw, kekuasaan polisi disini mutlak. Kalau kamu melanggar ya tilang atau penjara.
- Just Cause - Game ini sebenarnya tidak benar-benar ringan bagiku, tapi bisa diakali dengan resolusi paling rendah. Bagi yang suka GTA tapi bosan, kalian harus coba game ini. Just Cause bisa disebut sebagai GTA versi tropis. Keunggulannya dari GTA adalah grafis, dan manuver pertarungannya. Tembak-tembakan disini jauh lebih dapet feel-nya.

Manhunt 2 via youtube.com
Kalau kalian suka membunuh diam-diam. Berikut ini stealth video games yang menegangkan..
- Hitman 4: Blood Money - Game ini pada awalnya terkesan biasa saja bagiku. Namun setelah cukup lama bermain, akhirnya aku jatuh cinta. Game ini membuat kita merasakan serunya menjadi agen rahasia sekaligus pembunuh bayaran. Benar-benar menegangkan aksinya. Bahkan game ini dinobatkan sebagai rilisan Hitman terbaik sepanjang masa.
- Manhunt - Game sadis ini kontroversial sekali pada zamannya. Mungkin aku bisa bilang bahwa Manhunt adalah Hitman versi preman dan psikopat. Lebih baik menabung, upgrade PC, dan main Manhunt 2. Soalnya..
- Manhunt 2 - Disamping banyaknya gamers yang memprotes soal hilangnya freelook dan buruknya port game ini, menurutku game ini tetap yang terbaik. Jalan ceritanya keren, kita seakan bermain didalam sebuah film. Lebih baik daripada yang pertama.
- Splinter Cell: Pandora Tomorrow - Kalau Hitman itu agen rahasia yang realistik, Splinter Cell itu futuristik. Game ini tidak sebebas Hitman, kita harus mengikuti jalan cerita sambil mencari sendiri jalannya. Namun, ada keharusan untuk tidak boleh sampai terlihat yang membuatnya menarik.

Game Simulasi Terbaik untuk PC Spek Ringan

Pada genre simulasi, seri The Sims memang mendominasi dan paling ringan. Namun ada juga beberapa judul lainnya yang cukup bagus. Berikut ini adalah daftar game beserta ulasannya..

The Sims 2 via Gamzu Games
Suka game bergenre simulasi kehidupan? Kamu wajib coba games berikut ini..
- The Sims 1 - Kalau kamu suka mendesain rumah, dan menciptakan keluarga virtual didalamnya, maka game ini untuk kamu. Meskipun jadul (banget malah), game ini masih tetap asyik dimainkan. Apalagi bila kamu memasang ke-8 expansion packnya. Kalau mau yang bagusan sedikit, coba yang ke-2.
- The Sims 2 - Sudah aku katakan tadi tentang apa game ini. Yeah, game ini bagusnya 20x lipat dari The Sims pertama karena banyak fitur ditambahkan dan didukung dengan berbagai expansion pack serta stuff pack. Game ini tidak benar-benar ringan, kecuali kalau kamu rela mengorbankan keindahan grafisnya menjadi low.
- Virtual Families 2 - Game ini lebih simple dari The Sims, dan lebih ringan juga. Disini kita hanya fokus memelihara manusia dan menciptakan keluarga dalam waktu yang real time. Menurutku game ini cewek banget, tapi kok bisa-bisanya seorang Bryan memainkan game ini? Hey, aku sudah berhenti main ini tepat setelah 3 hari menginstallnya karena aku nyadar.. *Plaak!*
- Virtual Villagers - Game yang sudah menelurkan 5 seri ini adalah game dimana kita bisa memelihara sebuah suku. Game ini konyol banget, tapi tidak manusiawi. Kita ibarat majikan yang harus mengajarkan peliharaannya untuk mempelajari ilmu kedokteran, sains, memasak, bercocok tanam, dan membangun. Jangan mainkan ini kecuali waktumu luang banget.

Anno 1701 AD via Gaming Dragons.
Suka membangun kota atau pedesaan? Game ini tercipta hanya untukmu..
- SimCity 4 Deluxe - Game yang masih belum tergantikan ini adalah impian yang kelewatan. Disini kita bisa membangun kota benar-benar dari nol. Sebab kita bisa menciptakan pulau, laut, sungai, gunung, dan menebar pohon serta hewan seperti meses diatas martabak. Setelah itu baru membangun kota diatasnya.
- Anno 1503 AD - Game ini pelepas stres yang efektif. Disini kita bisa membangun pedesaan  dan melihat para warga beraktifitas. Bahagia rasanya melihat mereka menjalani hidup. Fokus game ini adalah memproduksi sandang pangan papan, dan berniaga dengan settlement lain.
- Anno 1701 AD - Sebenarnya masih sama, tapi grafisnya jaaauuuhhh lebih bagus dan indah. Meskipun sebenarnya aku lebih suka grafis ala lukisan seperti 1503, tapi 1701 menawarkan lebih banyak pilihan resolusi untuk widescreen dan kemudahan kontrol yang tadinya jadi titik lemah pendahulunya.

Bagi yang pingin merasakan menjadi Presiden, game ini boleh banget..
- Tropico Reloaded - Alasanku mencari game ini adalah pingin ganti suasana pedesaan dengan kota. Tapi setelah main Anno 1701 AD dan melihat grafis game ini, sumpah rasanya kayak dibanting. Disini kita membangun kota demi mempertahankan jabatan politik. Berapa lama kamu bisa bertahan? Banyak yang bilang game ini cukup sulit.

Zoo Tycoon 2 via megajuegosfree.com
Untuk yang ingin membangun taman hiburan impian, beberapa judul ini tidak boleh dilewatkan loh!
- Zoo Tycoon 1 (Complete Collection) - Legenda era 2000an ini terkesan game bocah, tapi sebenarnya bocah saja kelimpungan memainkannya, sebab ini adalah simulasi bisnis. Disini kamu bisa bereksperimen dengan 100 hewan lebih dengan berbagai kebutuhan dan kerepotannya masing-masing. Mulai dari darat, laut hingga jaman purba.
- Zoo Tycoon 2 (Ultimate Collection) - Masih sama, namun dengan banyak improvement di grafis dan kontrol. Ditambah dengan guest mode yang membuat kita bisa berjalan-jalan di bonbin Ragunan yang kita bangun sendiri. Namun sayangnya spesies disini lebih sedikit.
- Rollercoaster Tycoon 2 (Triple Thrill Pack) - Sama legendarisnya, tapi disini kita membangun Dufan. Rollercoaster dan wahananya keren-keren gila, pingin naik beneran. Belum benar-benar menikmati sih, soalnya agak bosan dengan tema bisnis. Btw, berhubung game ini sudah tua, kamu harus pasang OpenRCT2 supaya bisa maksimal dan bebas bug.

Untuk yang satu ini aku bingung menempatkannya..
- OpenTTD (Transport Tycoon) - Game open source ini bisa bikin lupa waktu. Disini kita membangun kota namun secara tidak langsung, yaitu dengan membangun ekonominya. Sesuai judulnya kita bisa membangun transportasi darat, laut, dan udara. Tapi daya tariknya terletak pada kereta, sebab ini membutuhkan banyak trial dan error.

Game Strategi Terbaik untuk PC Spek Ringan

Merancang strategi perang tak hanya menyenangkan, tapi juga melatih otak. Itulah yang membuat games berikut ini menarik..

Age of Empires III via MobyGames.
Untuk genre real time strategy, ada beberapa yang patut dicicipi..
- Age of Empires II - Game ini merupakan pelopor game real time strategy bergrafis 3D. Ada banyak bangsa yang bisa dipilih dan semuanya nyata, termasuk bangsa muslim seperti Saracens, Persia, dan lain sebagainya. Game ini cukup seimbang karena kita bertugas untuk menyerang sekaligus bertahan.
- Age of Empires III (Complete Collection) - Kalau bosan dengan grafis yang terlalu jadul, tidak ada salahnya mencoba AOE3 yang memanjakan mata. Gameplaynya masih sama hanya saja grafis bagusnya agak memaksa kita mengutak-atik setting. Ada tambahan beberapa suku-suku dari Amerika. Perbedaan game ini hanyalah pada sistem deck dan hometown yang harus dipelajari dulu pada awalnya.
- Warcraft III - Siapa sih yang tidak kenal game ini? Game ini sama seperti Age of Empires tapi bangsa disini khayal seperti Orcs, Elves, Human, Undead, dsb. Game ini lebih menekankan bahwa menyerang adalah cara bertahan yang terbaik. Game ini tidak memberikan waktu bagi player yang berfikir lambat.
- Sudden Strike II: Resource War - Aku dikenalkan game ini sama ortu ketika lagi suka-sukanya sama Warcraft III. Kalau di game RTS sebelumya kita bisa menciptakan unit, di Sudden Strike II ini kita hanya bisa memanfaatkan batalyon dan skuadron yang ada.

Civilization IV via PC Games Vane.
Bagi yang lebih suka turn based, judul berikut ini cocok beud..
- Sid Meier's Civilization IV (Complete Edition) - Waktu pertama kali mencoba game ini pingin teriak "KEREN ANJIER!". Bagaimana tidak? Game ini plus ekspansinya bakal memuaskan banget. Kita disini membangun peradaban dari zaman batu sampai era futuristik.
Heroes of Might and Magic III - Lupakan soal grafis, sebab gameplay game ini bahkan masih digilai oleh para fans hingga detik ini, meskipun seri terbarunya sudah banyak dirilis. Game ini bisa dibilang Warcraft versi turn based. Battlenya mirip game java Age of Heroes Online.
- Heroes of Might and Magic V (Bundle Pack) - Kalau sudah mulai keracunan game sebelumnya, langsung saja lompat ke HoMM V. Grafisnya keren banget. Kenapa lompat? Sebab yang keempat itu mengecewakan. Btw, versi bundle pack ini berisi 3 games yang bakal memuaskan penggila strategi turn based!


BIA: Earned in Blood via MobyGames.
Bagi yang suka mikir tapi kepingin juga main fps, wajib coba ini..
- SWAT4 Gold Edition - Satu poin yang membuatku jatuh cinta dengan game ini, yaitu menyelamatkan sandera dan orang-orang yang tidak bersalah. Dengan gaya ala Counter Strike kita harus membuat rencana dan mengkomando anak buah untuk menangkap/bunuh pelaku kejahatan. Pssst, 1 level bisa bikin kamu restart puluhan kali.
- Brothers in Arms: Earned in Blood - Keren meskipun kecewa karena beda banget dengan versi Symbian. Game ini bisa dibilang Call of Duty 1 versi tactical. Dengan jalan cerita yang menguras emosi, kita bermain sebagai komandan yang menyerang sambil memberi perintah pada anak buah.

Game RPG Terbaik untuk PC Spek Ringan

Selain action dan adventure, genre rpg juga cukup mainstream. Kelebihan game rpg daripada game action adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mengembangkan kemampuan karakter utama. Selain itu, rpg juga biasanya dibanjiri item dan equipment yang banyak. Berikut ini adalah daftar game beserta ulasannya..

Fate: Cursed King via Neoseeker
Kamu suka masuk ke dungeon dan membasmi monster? Baiklah, games berikut ini pasti sanggup menjebolkan mouse kamu..
- Diablo II - Game ini akan membawamu masuk ke dunia kegelapan. Udah gitu aja ceritanya. Setelah itu ya kamu harus mengikuti cerita, menjalankan misi, dan masuk ke dungeon yang ditentukan. Kalau mau ke dunia yang lebih colorfull, coba yang dibawah..
- Fate: The Cursed King - Game ini sama dan tidak kalah dengan Diablo, karena memang dikembangkan oleh mantan pengembang Diablo yang dipecat Blizzard. Bedanya, game ini lebih colorfull dan mungkin juga lebih menarik untuk anak-anak serta perempuan. Aku lebih suka ini daripada Diablo.
- Torchlight II - Aku tidak membahas Torchlight pertama karena tidak ada perbedaan dari Fate, baik dari segi grafis dan gameplay. Namun Torchlight kedua ini keren banget dari segi desain map dan grafis. Sampai-sampai pas main ini dikira main Mobile Legend.

VTM: Bloodlines.
Kalau bosan dengan dungeon, dan ingin mengeksplorasi dunia yang luas. Game berikut patut dipertimbangkan..
- The Elder Scroll III: Morrowind (GOTY Edition) - Mungkin kalian sudah lama mendengarnya tapi tidak peduli.  Namun, aku yakinkan kalian bahwa ini adalah game rpg terbaik yang pernah aku mainkan. Disini kita bisa menjelajah dunia dan alam liar ala GTA, tapi dengan gameplay RPG dan sudut pandang first person. Yang aku suka dari game ini adalah setiap NPC punya peran penting. Jadi kalau kita membunuh satu NPC saja, jalan ceritanya akan berubah. Karena itulah game ini menarik..
- Vampire: The Masquerade - Bloodlines - Awalnya agak underestimated sama game berbau vampir, tapi ternyata game ini keren banget! Meskipun disini dunianya nggak lebih luas dari GTA III. Game rpg ini menyajikan keseruan third person ala Max Payne dengan sentuhan Morrowind. Nyesel kalau belum pernah nyicip!
- Divine Divinity - Berbeda dari judul lainnya diatas, game ini bergrafis jadul dan disebut sebagai Morrowind versi isometric. Namun game ini adalah salah satu CRPG terbaik yang mapnya cukup luas. Bukan cuma sekedar luas, tapi juga memiliki cerita yang dalam dan bagus.

Game Olahraga Terbaik untuk PC Spek Ringan

Keterbatasan fisik tak boleh menghalangi kita untuk berolahraga. Berikut ini adalah daftar game olahraga yang akan membuat kalian senam jari..

- Winning Eleven 9 - Ini adalah game sepakblola pertama yang membuatku terharu. Ternyata ada loh game sepak bola yang bisa running dengan lancar jaya di laptopku yang pas-pasan ini. Meski begitu, WE9 punya banyak kekurangan yang akhirnya disempurnakan oleh PES6.
- Pro Evolution Soccer 6 - PES6 adalah jawaban Konami atas kekurangan WE9. Aku pernah mengulas alasan kenapa pemain WE9 harus segera move on ke PES6. Nanti disana kalian bisa membaca review kelebihan dan kekurangan kedua game sepakbola legendaris ini.

Selain sepakbola, yang aku punya hanya ini..
- Tennis Titans - Game tenis favorit adikku ini super ringan tapi lebih seru dari game tenis yang biasa. Meskipun karakternya itu hewan-hewan lucu, ada banyak jenis pukulan yang tidak akan kamu temui di game tenis biasa. Pokoknya recomended deh!

Game Papan Terbaik untuk PC Spek Ringan

Game papan apa sih yang suka kamu mainkan? Apakah kamu suka game-game berikut ini?

- Monopoly Spongebob Squarepants - Kalau Monopoly biasa membosankanmu, mungkin kamu akan tertarik dengan yang satu ini. Kamu bisa menggunakan karakter dari serial kartun Spongebob sebagai bidaknya. Selain bermain dengan peraturan standar, kamu juga bisa bermain dengan aturan konyol karangan Spongebob atau Squidward.
- Chessmaster 10th Aniversary Edition - Game catur ini bagiku sudah lebih dari cukup, bahkan bisa bikin mual kalau iseng-iseng buka guide dan tutorialnya. Yeah, game ini bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa, karena AI di game ini dapat menyesuaikan diri. Banyak tema juga yang bisa dipilih, pokoknya menarik deh.

Nah, itulah beberapa games yang bisa aku rekomendasikan. Mungkin sudah terlalu umum, tapi semoga saja membantu bagi readers yang belum tahu. Daftar ini akan terus aku update, karena aku masih terus memburu games PC ringan. Kalau readers punya rekomendasi game ringan juga, monggo ditambahkan. Terimakasih.

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..