Manfaat System Restore Point pada Windows


Assalamualaikum. Readers, aku yakin kalian pengguna Windows pasti tahu 'system restore point' tapi selalu melupakan itu ketika komputermu dalam keadaan darurat karena error. Padahal dengan adanya system restore, kamu mungkin bisa menghindari pertemuan dengan tukang servis komputer dan juga terselamatkan dari install ulang.
Clock. Gambar oleh: parade.com
Bagi yang belum tahu, system restore adalah  fitur di Windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu sebelumnya. Jadi, seandainya kamu baru menginstall software dan hal itu membuat kinerja komputermu menjadi ngaco, kamu bisa segera mengembalikan komputermu kepada saat sebelum kamu menginstall software tersebut.

Namun system restore itu bukan simsalabim, kamu harus terlebih dahulu membuat restore point. Caranya bagaimana? Ya silahkan Googling, nanti ada situs resmi Microsoft yang akan menjelaskannya. Pokoknya, saat membuat system restore, pastikan kamu membuatnya pada saat komputer dalam performa terbaik.

Saat melakukan system restore, apakah data-data kamu akan hilang? Tentu saja data seperti film, musik, video, foto, apalagi dokumen, akan aman. Tapi, mungkin kamu harus siap kehilangan beberapa software yang terinstall pada masa setelah restore point dibuat. Namun, jangan khawatir karena Windows biasanya memberitahu software apa saja yang akan terhapus seandainya kamu melakukan system restore.

Nah, sekarang kamu tahu kan manfaatnya? 

Fitur ini akan sangat berguna bagi orang Indonesia. Kenapa? Karena orang Indonesia hobi meminjam komputer temannya (kayak penulis artikel ini). Bayangkan bila seandainya saat kita pakai, tahu-tahu komputernya error. Nah.. Daripada mengganti rugi, lebih baik lakukan system restore, ya kan? Karena itu ketika kamu meminjam komputer teman (apalagi yang rese), pastikan kamu membuat restore point. Bisa juga kalau kamu meminjam laptop ayahmu dan ternyata kamu merusaknya. Jadi, sebelum digaplok karena merusak, kamu bisa melakukan system restore dan bernafas lega.

Kalau kamu berniat menginstall ulang karena komputermu sudah parah lemotnya, atau nggak ketolong lagi errornya. Kamu bisa lakukan system restore dengan restore point tertua yang ada dalam daftar. Biasanya restore pointnnya Microsoft Office itu yang paling banyak dipilih. Namun, kamu akan kehilangan program Office beserta seluruh software yang diinstall setelahnya.

Tapi, mencegah itu tetap lebih baik daripada mengobati. Aku pernah menulis artikel yang insha Allah bila diikuti, komputermu akan bebas dari pengobatan, judulnya: Kiat-kiat Merawat Laptop untuk Pemalas Akut

Terimakasih. Semoga bermanfaat..
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..