8 Aplikasi Android yang Harus Dimiliki Penulis


Assalamualaikum. Readers, beberapa hari yang lalu aku telah menemukan beberapa aplikasi Android yang terasa seperti penemuan harta karun. Sering terkena writers block? Nggak nyaman mengetik di ponsel? Sederetan aplikasi berikut ini akan sangat membantu kamu!

Langsung saja ke app pertama..

Writing Prompts


Aplikasi ini mengingatkanku pada buku 365 Days Writing Prompts yang selama ini membebaskanku dari kebuntuan lewat berbagai ide postingannya. Bedanya, app ini ditujukan untuk penulis cerita sedang buntu, atau terkena writers block.

Untuk menggunakannya gampang banget. Kamu hanya perlu menjalankannya dan *Puff!* sebuah kalimat random akan muncul. Dijamin imajinasi kamu bakal langsung bergerak liar dan mendapat ide yang fresh!

Unduh/Download (Playstore)

Story Plot Generator


Jika Writing Prompts dirasa kurang membantu. Maka Plot Generator akan sangat membantu. Sebab app ini dapat membantu merancang cerita dengan sama mudahnya, namun lebih detail lagi.

Cara menggunakannya mudah sekali. Kamu hanya perlu menjalankannya, kemudian memilih genre dan *Puff!* rancangan lengkap untuk ceritamu langsung jadi. Tapi bila ada yang tidak kamu suka, kamu tinggal klik saja untuk menggantinya.

Unduh/Download (Playstore)


Characters Generator


Jika kamu sudah mendapatkan ide cerita tapi kesulitan merancang karakternya. Maka aplikasi ini akan membantumu dengan memberi rancangan penampilan, kepribadian, sejarah dan latar belakangnya.

Tapi semuanya dalam bentuk teks ya, bukan ganbar. So, sudah pasti akan membantu kamu mendeskripsikannya didalam karya tulismu.

Unduh/Download (Playstore)

Name Generator


Cerita sudah terbayang, plot sudah punya, dan rancangan karakter juga sudah ada, tapi bagaimana kalau kamu masih buntu? Yeah, kamu akan membutuhkan bantuan dari aplikasi keren buatan WaveFront ini!

Seperti namanya, app ini bisa menghasilkan nama secara random berdasarkan jenis kelamin dari berbagai bahasa. Mau menulis cerita Jejepangan? Fanfic K-Pop? Atau yang kebarat-baratan? Semuanya ada! Bahkan masih banyak bahasa lainnya.

Lebih istimewanya lagi, nama Indonesia juga ada. Yah walaupun seringkali app ini malah mengeluarkan nama khas tionghoa. Tapi cukup membantu bagiku..

Unduh/Download (Playstore)

Kamus Besar Bahasa Indonesia - Yufid 


Kamus besar bahasa Indonesia wajib dimiliki. Tanpa harus merogoh kocek yang dalam untuk membeli buku, kamu bisa mendapatkan aplikasi buatan Yufid ini secara gratis di Playstore.

Mengapa harus Yufid? Bukankah ada aplikasi KBBI buatan pemerintah? Ya, memang ada namun sayangnya tidak dibarengi dengan kemudahan penggunaan. Selain terjemahan, app ini juga ada thesaurus-nya loh! Dengan thesaurus kita tidak akan terbelenggu penggunaan kata yang sama. Keren nggak tuh?

Unduh/Download (Playstore)

Writer Plus

Writer Plus (Write On the Go) posterWriter Plus (Write On the Go) apk screenshotWriter Plus (Write On the Go) apk screenshot

Aplikasi note taking ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari yang lain (akan ku bahas kapan-kapan). Namun kesederhanaan desain menjadi kekuatannya. Jadi para penulis bisa menulis tanpa terganggu fokusnya. Sebab kamu hanya akan disajikan layar putih kosong yang siap untuk kamu isi.

Writer Plus bisa melakukan formating seperti bold, italic, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya seluruh tulisan kamu akan disimpan sebagai file MD (markdown). Nah, kalau kamu mau editing di komputer, kamu butuh software gratis bernama MarkdownPad (33MB).

Unduh/Download (Playstore)

SwiftKey!


Kamu boleh saja merasa cukup dengan keyboard bawaan Android atau vendor ponsel. Tapi bila memang kamu benar-benar suka menulis, SwiftKey mutlak kamu butuhkan. Sebab, aplikasi ini dapat mencegahmu dari salah ketik (typo).

What? Itu mah biasa!

Tapi yang membuatnya berbeda adalah kemampuannya mempelajari caramu menulis lewat sinkronisasi jejaring sosial dan email. Selain itu banyak juga fitur yang telah aku review disini: Aplikasi Wajib Bagi Penulis yang Sering Typo

Unduh/Download (Playstore)

Midnight (Night Mode)


Salah satu hal yang membuat kurang nyaman mengetik panjang lebar di ponsel selain typo adalah layar yang terangnya menyakitkan mata ketika malam hari. Kalau terus dipaksakan, yang ada mata jadi perih dan kepala pusing nggak karuan.

Nah, karena itulah app Midnight akan sangat kamu dibutuhkan. Sebab, aplikasi ini dapat menurunkan tingkat kecerahan layar hingga yang paling rendah.

Tapi, bukankah banyak app lain yang serupa?

Pada umumnya, aplikasi screen filtering hanya menggunakan filter biru. Tapi disini kamu bisa memilih warna hitam, hijau, dan merah. Sehingga kamu bisa menentukan mana yang paling nyaman. Dan yang terpenting app ini dapat bekerja otomatis berdasarkan jadwal atau light sensor.

Unduh/Download (Playstore)


Thats it! Untuk sementara ini hanya itu aplikasi yang bisa aku rekomendasikan, berhubung kuotanya lagi terbatas. Semoga membantu untuk readers sesama penulis. Kalau readers punya aplikasi bagus lainnya, langsung saja beritahu aku ya!

Wassalamualaikum!

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Share yuk

    Related Posts

    Previous
    Next Post »