[Review] Game Horror PC Spek Ringan, VTM Bloodlines


VTM Bloodlines Cover via GOG.
Assalamualaikum. Mungkin selama ini kita hanya bisa membaca atau menonton tentang kehidupan vampir. Namun sekarang kita juga bisa merasakannya langsung berkat game berjudul Vampire the Masquerade: Bloodlines!

Game open ended rpg buatan Troika Games (2004) ini dulu sempat dibenci karena buggy banget, namun akhirnya bersama dengan risinya versi GOG game ini mendapatkan sambutan hangat yang luar biasa.

Game ini bercerita tentang manusia yang baru pertama kali merasakan hidup sebagai vampir. Tapi disini kita yang awalnya cuma belajar dasar-dasar kehidupan vampir malah terseret ke berbagai masalah yang akhirnya menjadi misi yang seru banget.

Game ini menurutku bisa dibilang mengandung unsur Morrowind dari segi leveling up stats characternya. Pada saat membuat karakter kita harus menentukan dimana stats poin yang tersisa akan dipakai. Kemudian kita juga harus memilih klan, dan setiap klan punya ideologinya masing-masing.

Character Sheets via MobyGames.
Karakter vampir yang kita mainkan juga punya kekuatan bernama discipline yang membuat kita memiliki kelebihan khusus selama beberapa detik dengan cost darah. Misalnya Bloodbuff yang membuat serangan kita lebih cepat, dan bisa meningkatkan keberhasilan lockpicking.

Setelah menghadapi bos.
Game ini juga mengandung Silent Hill dari segi horrornya (banyak kode-kodean juga). Contohnya misi yang diberikan Therese, kita harus mencari benda keramat di Ocean House Hotel yang angker. Feel ngerinya dapet banget kalau main tengah malam pakai headphone. 

Penampakan Chinatown.
Mungkin juga mengandung GTA dari segi eksplorasi. Meskipun sebenarnya mapnya tidak luas, kota di VTMB ini didesain dengan baik banget. Tidak ada bangunan monoton, kosong, dan tidak berguna. Semuanya berpenghuni dan mereka juga ada peran penting dalam misi. Karena itu kalau asal membunuh NPC, game ini nggak akan tamat.

Btw, membunuh itu hal sulit disini sebab tindakan kriminal juga sangat dibatasi oleh UUD vampire yang disebut masquerade. Sebisa mungkin player tidak boleh mengusik kehidupan manusia biasa. Bahkan kalau mau menghisap darah, kamu harus melakukannya di tempat yang paling tersembunyi.

Game over akan terjadi bagi vampire yang melanggar masquerade sebanyak 5 kali..

Soal grafis, lumayan bagus. Meskipun ada beberapa gerakan yang kaku. Soal efek suara juga oke, kecuali suara langkah waktu lari yang nggak sinkron. Voice actingnya ekspresif banget, dan soundtracknya pas pada beberapa moment.

Bagi readers yang berminat, kamu bisa mendapatkannya di GOG dan Steam. Tapi aku sarankan lebih baik yang versi GOG karena sudah tertanam unofficial patch didalamnya, jadi sudah playable dan bebas dari error. Selamat bermain!

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..