Inilah Aplikasi yang Bikin Novelmu Cepat Selesai


Writeometer via APK4Fun

Assalamualaikum. Pernah nggak kalian bertanya-tanya: Apa sih yang membuat kamu mandeg dalam menggarap novel? Apa sih yang membuat kamu tidak bisa menyelesaikan cerpen? Padahal jawabannya sederhana, yaitu komitmen.

Meskipun sederhana, ternyata komitmen itu bukan sesuatu yang mudah dilakukan loh. Mungkin itulah yang sedang kita rasakan saat ini. Namun sejak menemukan aplikasi android ajaib bernama Writeometer, komitmen terasa agak ringan dan menarik untuk dilakukan!

Aplikasi garapan GuavaBots ini mirip dengan aplikasi Forest: Stay Focused yang pernah aku ulas pada artikel lain. Bedanya jelas, Writeometer dikhususkan untuk para calon novelis dan cerpenis rawan kemalasan seperti kita!


Cara kerjanya sederhana. Pertama kita harus membuat sebuah project baru. Kita harus mengisikan judul, jumlah words yang ditargetkan per hari dan jumlah keseluruhan yang ditargetkan. Kemudian kita harus menentukan deadline. Setelah itu kita harus mengatur remindernya (pengingatnya). Pada hari dan jam apa saja kita akan diingatkan untuk menulis.

Nah, ketika reminder mulai mengingatkan, tidak ada cara untuk mematikannya. Hanya ada pilihan untuk memulai atau menunda selama 30 menit. Seharian penuh reminder itu akan muncul, dan kalau diabaikan hp kamu akan dibuat menjadi lemot sementara (jangan harap bisa kabur dan main ML atau AOV, ngoahaha).


Ketika kamu memilih untuk start timer, layar hp akan dikunci dan kamu akan diberi waktu 25 menit untuk mulai menulis (durasi dapat diubah per sesi, kalau dikurangi: tjoepoeh loeh). Kalau berhasil menyelesaikan satu sesi kamu tinggal mengisi laporan berapa words telah diketik.


Sebagai hadiahnya, kamu akan mendapatkan GuavaPoint yang bisa kamu gunakan untuk membeli hadiah buatan sendiri. Sebagai contoh kamu bisa melihat pada gambar diatas, aku telah membuat beberapa item yang aku suka disana. Serius, GuavaPoint itu bikin komitmen jadi ringan bagiku.

Tapi satu hal yang perlu diingat, aplikasi ini bukan aplikasi super ajaib Doraemon yang bisa mengubah diri seseorang. Efektif atau tidaknya tergantung pada komitmen dan kejujuran penulis pada dirinya sendiri. Sekali melanggar komitmen yang dibuat, lenyap sudah efektifitas aplikasi ini.

Tertarik untuk mencoba? Kamu dapat mengunduhnya pada link berikut..


Semoga aplikasi ini dapat membantu kamu berkomitmen. Selamat mencoba!

Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..