Apa Sih Manfaat Dari Kembang Api!?


Ilustrasi: Pixabay
Assalamualaikum. Kita semua tahu bahwa kembang api pasti ada setiap tahun baru. Tapi aku sama sekali nggak mengerti apa sih manfaatnya? Kok bisa mereka tertawa bahagia sambil tutup telinga, seakan tidak ada yang terganggu?

Btw, sebelum salah paham, disini aku mengkritik mereka yang menyulut kembang api di sembarang tempat. Mereka yang seenak jidat pasang kembang api tanpa kompromi dengan tetangganya. Bagiku orang-orang seperti itu lagi tertawa diatas penderitaan orang lain!

Mereka nggak mikir kalau disekitarnya ada orang yang punya penyakit jantung, dan kebetulan keluargaku ada yang sakit jantung. Ledakan penuh tawa itu pun bisa dibarengi tangisan kalau penyakit jantung kambuh. Pikir aja kalau itu keluarga sendiri!

Mereka nggak mikir kalau tetangganya punya bayi dan anak balita yang nangis ketakutan. Aku pernah merasakan sendiri waktu balita, rasa takutku akan ledakan nggak bisa dihapus dengan indahnya warna-warni kembang api. Pikir aja kalau itu anak sendiri!

Mereka nggak mikir juga tentang hewan peliharaan yang panik jungkir balik kesana kemari. Hewan di kandang teriak histeris, kucing-kucing lari bersembunyi dibawah meja, dan anjing-anjing menggonggong nggak karuan. Mereka itu cuma binatang yang nggak tau apa-apa tapi kena juga!

Mereka juga nggak mikir soal sampah! Seenak jidat mereka meninggalkan sampah dan para korban perasaan yang harus bersih-bersih. Sudah kita dirugikan, kita harus bersih-bersih pula. Memangnya kita ini apa?

Sekedar saran aja untuk yang mau pasang kembang api di lain kesempatan: Jangan pasang didepan rumah orang! Bahkan kalau didepan rumah sendiri pun masih ada tetangga disekitar yang harus ditanya dulu!

Pasang saja di tempat lain seperti misalnya lapangan, atau tempat lain sesuai yang dihimbau oleh RT/RW setempat. Jangan sok merasa punya duit dan bisa beli kembang api banyak jadi nggak mikir penderitaan orang lain!

Lagipula, kalau memang pingin bahagia, masih ada banyak anak yang nggak makan dan nggak punya tempat tinggal. Nggak ada yang mengalahkan rasa bahagia dari beramal. 

Terimakasih..

Wassalamualaikum..
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..