Cara Mencegah Karya Tulis Wattpad-mu Dicuri dan Dijiplak


Ilustrasi: Pexels
Assalamualaikum. Beberapa pengguna Wattpad mengeluhkan masalah karyanya yang dibajak, dijiplak, dicuri, dimodifikasi tanpa izin dan lain-lain sebagainya. Benar-benar tragis. Aku sendiri merasakan menulis cerita itu pekerjaan yang berat banget. So kasus ini pasti sebuah pukulan yang sakit banget.

Tapi.. Memang di satu sisi sang pencuri itu salah, bagaimanapun mencuri tetap tindakan hina. Namun bagaimana kalau ternyata mereka sebenarnya memang punya hak untuk bebas mempergunakan karyamu?

Hah? Kok bisa begitu? Kok bisa-bisanya penulis malah mendukung pencuri! No no no, aku tidak mendukung sama sekali guys. Supaya kalian paham, coba simak screenshot dibawah ini..

Opsi copyright pada Wattpad,
Yeah, kebanyakan penulis Wattpad cuek bebek dengan membiarkan opsi ini 'not specified'.. Ini sama seperti membiarkan ikan sarden terbuka diatas meja makan saat banyak kucing berkeliaran.. Copyright alias hak cipta alias tudung saji itu sangat-sangat penting untuk melindungi karya tulis kita.

Jadi kalau kita menentukan copyright, tulisan kita nggak bisa dicopy gitu?

Ya enggak begitu juga keles, tetap saja bisa dicopy dan dijiplak. Bedanya kita jadi punya kekuatan hukum untuk melaporkannya pada pihak Wattpad. Keren bukan?

Nah, bagi kamu yang bingung harus menentukan apa jenis copyrightnya. Berikut ini yang bisa aku sarankan:

  • Attribution-NoDerivs - Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada kamu.
  • Attribution-NonCommercial-NoDerivs - Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan kamu dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada kamu, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Untuk kegunaan lisensi lainnya bisa dilihat langsung di https://creativecommons.org/licenses/?lang=id.  Biasanya aku menggunakan lisensi Attribution-NonCommercial-NoDerivs pada setiap karyaku, termasuk Serigala Malam. Sebab lisensi ini paling ketat dan paling pas untuk melindungi karya.

Kalau udah terlanjur terpublikasi ceritanya bagaimana? Kamu bisa mengeditnya dengan membuka My Works > klik judul cerita > klik Story Details, dan langsung saja edit bagian copyright.

Kalau mau melaporkan pencuri cerita bagaimana? Aih gitu aja pakai nanya. Tinggal klik Report this story yang terletak di halaman sampul cerita, di kotak yang ada keterangan genre. Pilih saja I found copyright violation.

Bagi kamu yang bukan penulis di Wattpad atau berkarya diluar kepenulisan pun bisa menggunakan lisensi tersebut dengan mencantumkan badge/pin lisensi di blog atau situs pribadi dsb. Jadi karya kita tidak akan sembarangan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

That's it. Semoga bermanfaat dan membantu readers sekalian.

Wassalamualaikum.




Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..