Cara Mudah Mengubah File M4A Menjadi MP3


Ilustrasi: Pixabay.
Assalamualaikum. M4A adalah format music yang sedang digandrungi saat ini berkat iTunes. Aku sendiri awalnya bingung sebab setelah membandingkannya dengan MP3 sebenarnya sama sekali tidak ada beda. Mungkin memang sedikit lebih cear dan hemat ukuran tapi tetap saja tidak nampak perbedaannya.

Jadi sebenarnya tujuan awal aku mengkonversi M4A ke MP3 itu lebih kepada soal kebiasaan. Aku sudah terbiasa dengan MP3 dengan segala kemudahannya, termasuk soal data artis dan album artnya. Meskipun sebenarnya music playerku mendukung M4A.

Cara Convert M4A ke MP3 Secara Online

Cara yang pertama adalah cara convert secara online. Pertama, kunjungi alamat situs Online Convert yang beralamat di audio.online-convert.com/convert-to-mp3. Nanti akan muncul halaman seperti ini.

Halaman online convert.
Kamu bisa klik choose file untuk mengunggah file m4a yang ingin dikonversi atau kamu bisa paste-kan alamat unduhan file m4a tersebut. Dalam contoh berikut, aku bereksperimen dengan lagu Panic At The Disco - The Ballad Of Mona Lisa.

Kemudian kamu biarkan saja semua pengaturannya apa adanya dan klik "Convert" beberapa unggu beberapa saat hingga file m4a-mu selesai dikonversi oleh server.

Oh iya, selain dengan komputer, cara ini juga bisa kamu lakukan melalui HP dengan bantuan browser Opera Mini. Bedanya, kalau di Opera Mini kamu harus rajin-rajin refresh/reload halaman karena Opera tidak pernah bisa secara otomatis me-refresh halaman.

Cara Convert M4A ke MP3 dengan Software

Cara yang kedua ini akan menggunakan freeware buatan Maniac Tools. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis (legal) di situs web resminya www.maniactools.com/soft/m4a-to-mp3-converter. Jangan takut, software ini memiliki ukuran setara file mp3, hanya 6.47MB. Install softwarenya dan jalankan.

Jendela konversi.
Klik "Add files" dan pilih file m4a yang akan kamu jadikan mp3. Kalau aku kali ini mau mencoba lagu Paramore - Misguided Ghost. Kamu bisa mengatur destinasi hasil convertnya, atau dibiarkan begitu saja dan hasilnya akan ada di folder yang sama. Kalau sudah oke, tinggal klik "Convert".

That's it! Simple bukan? Semoga bermanfaat..

Wassalamualaikum.
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..