PDF Reader Terbaik untuk Android


Moon+ Reader
Assalamualaikum. Sebagai penulis, dan calon novelis (amin), membaca buku itu penting bagiku. Tidak hanya memperluas wawasan, tapi juga menambah kosakata dan menjaga minat menulisku. Namun, berhubung aku nggak mungkin membawa buku kemana-mana, akhirnya aku lebih sering membaca buku elektronik di hp. Namun masalahnya adalah layarku terlalu kecil.

Namun sekarang masalahku sudah terselesaikan dengan ebook reader bernama Moon+ Reader. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan keunggulan yang aku cari. Mulai dari fitur text reflow atau text wrapping, night mode beserta tema lainnya, dan lebih asyiknya lagi kita bisa mengedit sampul serta data properti buku agar terlihat rapi.

Fitur text reflow adalah fitur yang paling menyelamatkanku. Fitur tersebut mengkonversi ebook menjadi text only, yang ukurannya disesuaikan dengan layarku yang kecil. Sehingga aku hanya perlu scrolling halaman saja. Bahkan aku tidak perlu scroll, aku hanya perlu tap saja atau biarkan fitur auto scrolling bekerja.

Selain itu, saat mode text reflow, kita bisa mengatur font, ukuran font, jarak antara kata dan lain sebagainya. Dan yang paling aku sukai adalah fitur hyphenation yang memotong huruf bila kepanjangan, sehingga text yang kita baca itu benar-benar ngepas di layar.

Fitur night mode juga menyelamatkan mataku ketika membaca di malam hari. Fitur ini mengubah warna cerah menjadi warna gelap, sehingga tidak membakar mata kita. Ada beberapa pilihan night mode disini, tapi aku jauh lebih suka true black karena benar-benar nyaman di mata.

Namun bila masih menyakiti mata, tingkat kecerahan layarnya juga bisa diatur dengan mudah. Kamu hanya perlu menggeser jari naik atau turun di pinggiran kiri layar untuk menambah atau mengurangi terangnya. Kamu bisa mengaturnya bahkan hingga ke tingkat -100%. Tapi buat apa? Layarnya kan jadi gelap.. Haha..

Terakhir, fitur edit properti buku juga bagus. Kita bisa mengubah sampul buku dengan file gambar eksternal, kita bisa mengubah judul dan authornya. Yeah, ini bagus karena kalau kalian suka mendownload ebook, kalian bakal temukan authornya sesat semua. Harry Potter yang seharusnya diauthori oleh J.K.Rowling, malah diganti menjadi nama uploadernya.

Moon+ Reader memiliki segudang fitur lainnya, tapi fitur tersebut hanya untuk pengguna berstatus premium. Namun yang terpenting, meskipun kita tidak premium, kita bisa membaca hampir semua jenis file teks. Bahkan file .doc hingga .txt bisa di baca juga loh!

Bagi kamu yang ingin segera memilikinya, silahkan langsung ke Playstore dan cari Moon+ Reader. Atau kalau kamu pengguna PC, kamu bisa mengunduhnya di www.apk4fun.com

Terimakasih. Semoga bermanfaat!
Bryan Suryanto Blogger

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo berkomentar dengan sopan..