Tentang Penulis: Bryan Suryanto

Readers, perkenalkan aku Bryan Suryanto, pemilik blog yang topiknya nggak karuan ini. Nama lengkapku sebenarnya Alihandono Nugroho Rakafebriandito Suryanto Putra, tapi nama panggilanku Bryan (sebenarnya dibaca Berayen, tapi keluargaku membacanya Beriyan). Kenapa kok nama panggilannya bisa Bruayen? Monggo tanya saja ke orang tuaku.

Aku terlahir dengan sehat dan normal di Tulungagung pada tanggal 27 Februari 1995. Sebelum ari-ariku dipendam, orang tuaku memasukan banyak hal kedalamnya. Mulai dari buku, alat tulis, penggaris dan bahkan beberapa buah kamus. Tapi sampai saat ini aku berbahasa Jawa nggak becus, berbahasa Inggris pun ancur, berbahasa Jepang ngasal. Auk deh kemana itu kamus dalam ari-ari.

Orang tuaku adalah orang tua terbaik, terutama Ibuku. Mereka dengan ikhlas merawat seorang anak yang sakit dan cacat sejak balita sepertiku. Kalau mengingat mereka, aku jadi merasa berdosa karena belum bisa membalas apapun yang mereka berikan selama hidupku. Aku merasa beruntung memiliki mereka.

Aku juga merasa beruntung Allah menakdirkan terbentuknya Persib Bandung. Allah juga begitu baik karena menakdirkan penulis-penulis favoritku terlahir di dunia, yaitu: J.K Rowling, Christopher Paolini, Aoyama Gosho, Sir Arthur Conan Doyle, S.H Mintardja, Eiji Yoshikawa, Sasuga Kei, Masashi Kishimoto, dan Eichiro Oda. Mereka semua selalu menemani dan menghiburku walaupun hanya lewat layar kaca atau buku-buku karya mereka, aku sangat mensyukurinya.

Allah juga menciptakan senyum yang indah di bibir Melody yang selalu membuatku bersemangat dikala sakit. Allah menakdirkan terbentuknya Ikimono Gakari yang selalu menemani saat-saat aku bekerja keras memeras otak. Allah juga sangat bijak dengan menakdirkan terciptanya tempe, makanan favoritku yang selalu bisa membuatku melupakan kesedihan. Sungguh Allah maha adil, aku tetap bisa merasakan kesenangan dikala sakit.

Kehidupan di Masa Sekolah

Tak banyak orang yang mengenalku di dunia nyata, karena aku orang yang pendiam dan kurang pergaulan: Aku mudah tenggelam dibalik keramaian, alias introvert. Semasa SMP hingga SMA, masa pergaulan sekolahku suram. Aku cacat dan mengerikan, sehingga tak ada yang mau menemani, bahkan tak jarang ada yang mengejek. Sejak saat itu aku putuskan untuk menutup diri, dan hanya mencari teman didunia maya sambil melanjutkan hobi.

Bicara soal hobi dan kebisaan. Hobi dan kebisaanku sangat berbeda dari kedua orang tuaku. Ibuku hobi memasak dan sangat hebat, bahkan banyak orang yang mengakuinya. Sedangkan ayahku adalah orang sangat sangat menggilai teknologi dan punya prestasi dalam dunia programming. Lah aku? Masak nggak becus, programming dikit langsung pusing. Hahaha. Bisaku hanya menulis dan menggambar saja. Kalau desain maaf deh, aku selalu buntu, walaupun kadang ada job desain web.

Sejak Kapan Mulai Blogging dan Menulis?

Aku sudah menulis sejak SD, mulai dari menulis cerita hingga menulis artikel motivasi. Blog ini pun dikenal berkat motivasi dan renungan yang aku tulis. Padahal aku sendiri sedang butuh motivasi dan galau gela nih. Ibarat bisa bikin makanan yang lumayan enak bagi orang lain, tapi terasa biasa-biasa saja di lidah sendiri.

Kalau blog, aku mulai kenal blog sejak SMP berkat Wapego yang memungkinkan aku untuk ngeblog lewat ponsel. Sejak pertama kenal blog, aku sudah mengetik artikel pendek dengan berbagai perangkat. Mulai dari yang terjadul yaitu Siemens A60, Nokia 6630 hingga yang tersakti Nokia E63. Kalau sekarang alhamdulillah ada Toshiba Satellite nangkring di meja setelah sebelumnya pinjam sana-sini (yang punya ayah lah, om lah, tante lah, teman ayah lah, dan lain sebagainnya).

Blog ini aku bangun sejak tahun 2011 untuk menuangkan pemikiranku, tapi namanya kacau dan aneh-aneh, ada nama yang sok keren bertema darkness hingga sok Jepang juga ada. Sampai akhirnya 2013 lalu dengan bangga aku ubah menjadi "Bryan Suryanto's Blog". Kenapa aku ubah? Karena aku lelah memakai topeng, aku ingin diriku lah yang dilihat, bukan topeng nama Jejepangan atau Inggris-inggrisan.

Tujuan blogku awalnya adalah membagi penderitaanku di dunia nyata lewat tagline "Genggam tanganku dan rasakan yang aku derita!". Aku mengungkapkan segala rasa lelahku diejek, sulitnya masa sekolahku, lelahnya menjadi orang sakit, dan segala hal negatif, pada saat masih menggunakan tagline tersebut.

Tapi sejak namanya berubah, aku mengganti taglinenya menjadi "It's a brand new day!" dan saat ini aku ganti lagi menjadi "My heart draws a dream!". Dengan tagline baru aku mencoba untuk memposting hal-hal positif dan mencoba membuat kalian para readers menjalankan sunnah rasul, yaitu tersenyum! Padahal aku sendiri lagi nggak mood senyum buanget. Hehe..

Apa tema blog ini sebenarnya? Entahlah, aku hanya memposting segala hal yang aku suka. Jadi sebagai orang random, postinganku kadang random. Kalau lagi suka game ya aku posting artikel review game, atau tidak jauh dari itu. Kalau suka musik ya aku rekomendasikan lagu terbaik. Kalau lagi bikin sesuatu, ya karyaku akan diposting disini. Kalau lagi merenung, ya aku posting hasil renungannya, siapa tahu bermanfaat dan memotivasi readers sekalian.

Sebenarnya jalan fikiranku berbeda dengan orang, dan kadang terbalik. Aku pun merasa aneh dengan itu. Tapi lewat blog ini, aku bercerita ke dunia tentang fikiranku yang aneh-aneh, dan tak disangka, banyak juga orang yang sama anehnya denganku, artikelku yang paling nggak jelas pun sukses membukukan banyak view. Terimakasih banyak readersku yang aneh. Padahal dulunya aku berfikir hanya aku sendiri yang selalu berfikir terbalik.

Blog Lainnya?

Selain blog ini, aku mengelola blog lainnya, yaitu blog Komunitas Hobi Menggambar. Alhamdulillah pengunjungnya lumayan banyak. Disana aku berbagi tips dan trik menggambar kepada para pembaca, tapi dengan sudut pandang yang berbeda dengan situs menggambar lainnya. Yeah, karena setiap artikel diketik dengan gaya Bryan tentunya. Kayak gimana tuh? Bayangkan saja kamu membaca tips menggambar tapi dibawakan dengan gaya artikel motivasi dan renungan. Absurd banget ya?

Diluar blogging, sekarang ini aku sedang getol menyibukkan diri latihan menulis, supaya aku bisa membuat karya tulis yang lebih baik dan juga supaya ekspektasiku dalam menuangkan ide pun terpenuhi. Selagi latihan, aku juga sedang menggarap novel. Yeah, aku bercita-cita untuk menerbitkan novel pertamaku. Banyak yang bilang aku lebih pantas menulis artikel saja, tapi aku tidak begitu mempedulikannya karena aku menyukainya dan mengidamkannya.

Itulah sedikit cerita tentang penulis. Apa? Kurang singkat? Kalau mau kenalan lebih dalam lagi, langsung aja kontak penulis. Siapa tahu kita jodoh.. Hehehe!